5 Fitur Unik Mobile App GadjianKu

Menurut survei Indonesia Millennial Report 2019 yang dilakukan IDN Research Institute dan Alvara Research Center di 12 kota besar di Indonesia, lebih dari 94 persen generasi milenial merupakan pengguna internet. Sebagian besar dalam taraf ketergantungan, atau tak bisa melewatkan hari tanpa terhubung ke internet.

Bagi mereka, smartphone dan data menjadi kebutuhan dasar seperti halnya makan dan tidur. Aktivitas mereka dalam 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, tak bisa terputus dari koneksi internet, dari mulai belanja, bermedia sosial, memesan makanan dan transportasi, liburan, hingga menyelesaikan pekerjaan harian.

Internet di tangan kelompok usia milenial tak melulu soal hiburan, tetapi juga terkait dengan rutinitas pekerjaan. Di era Industri 4.0 ini, mereka lebih menyukai bekerja dengan teknologi digital ketimbang cara-cara konvensional yang mensyaratkan prosedur kerja yang rumit dan berbelit.

Sejumlah survei Deloitte, perusahaan audit dan konsultan berbasis di Amerika Serikat, menemukan alasannya. Kecenderungan pekerja milenial adalah ingin bekerja cepat, mendapat umpan balik yang cepat pula, serta ingin pekerjaan yang menantang karena mereka punya karakter lebih cepat bosan dibanding generasi-generasi sebelumnya.

Sementara itu, Survei Sosial Ekonomi Nasional 2017 menunjukkan jumlah kelompok milenial atau yang juga dikenal dengan Generasi Y yang lahir di rentang 1981-2000 merupakan penduduk paling besar dalam demografi Indonesia, dengan jumlah 88 juta jiwa atau 33,7% penduduk. Ini melebihi populasi generasi Z yang lahir belakangan (29,23%) maupun pendahulunya, yakni generasi X (25,34%) dan Baby Boomers (11,27%).

Generasi milenial saat ini semakin mendominasi dunia kerja dan mulai menduduki posisi penting di berbagai perusahaan. Mau tak mau, setiap pemilik perusahaan atau pemimpin organisasi bisnis mesti memahami karakter milenial sebagai generasi tech-savvy jika ingin mempertahankan mereka.

Penggunaan teknologi digital di kalangan pekerja milenial tak hanya terkait soal pemenuhan tanggung jawab menyelesaikan tugas harian, tetapi juga menyangkut segala urusan kantor seperti administrasi karyawan. Milenial akrab dengan aplikasi mobile di smartphone sebagai solusi yang praktis dan fleksibel.

PT Fatiha Sakti, sebagai penyedia HRIS system berbasis cloud Gadjian, mengerti kebutuhan perusahaan akan teknologi semacam itu. Startup finalis Alibaba Jumpstarter 2020 ini telah meluncurkan versi mobile app HRIS GadjianKu untuk para karyawan perusahaan pengguna Gadjian.

GadjianKu tersedia di Google Play dan punya beragam fitur unik yang bermanfaat bagi karyawan dan perusahaan. Apa saja yang dapat dilakukan karyawan dengan aplikasi ini?

Mengecek slip gaji di smartphone

Gadjian menggunakan sistem hitung gaji online dan tentu saja mendistribusikan slip gaji karyawan secara paperless. Tak berisiko hilang atau tercecer, sistem ini lebih menjamin kerahasiaan karena slip gaji hanya bisa dilihat oleh karyawan bersangkutan melalui akun personal dengan password.

Tak hanya lebih ramah lingkungan dengan menghemat kertas, cara ini juga mengurangi pekerjaan administratif HR. Setiap karyawan bisa langsung mengunduh sendiri slip gaji miliknya apabila membutuhkannya sebagai syarat pengajuan kredit, dan tak perlu merepotkan HR atau finance.

Mengetahui rekan kerja yang sakit 

Melalui mobile app ini, karyawan dapat melihat siapa saja yang tidak bekerja karena sakit, lalu memberikan ucapan agar lekas sembuh melalui aplikasi. Bentuk dukungan kecil dan solidaritas semacam ini dapat meningkatkan moral, sehingga karyawan yang sakit merasa memiliki keterikatan secara emosional (engagement) dengan organisasi.

Baca Juga: 9 Cara Efektif Meningkatkan Engagement Karyawan

Engaged employee cenderung lebih loyal dan tidak mudah tergoda tawaran dari perusahaan lain. Tipe karyawan ini, menurut Gallup Consultant, tidak hanya berorientasi pada penyelesaian tugas harian dan target individu, tetapi juga pada pencapaian tujuan organisasi yang lebih besar.

Memberikan ucapan ulang tahun teman sekantor

Karyawan dapat mengetahui hari kelahiran rekan kerjanya, lalu memberikan ucapan selamat ulang tahun melalui aplikasi. Bentuk perhatian yang sederhana ini punya dampak positif untuk merekatkan hubungan antarkaryawan dan ujung-ujungnya adalah peningkatan produktivitas dan kerjasama tim.

Segala perhatian, dukungan, dan apresiasi terhadap karyawan dapat membuat mereka lebih bahagia. Tentu saja, kebahagiaan karyawan terhadap pekerjaan dan lingkungan kerja dapat meningkatkan engagement.

Mengajukan perubahan data personal karyawan

GadjianKu memungkinkan karyawan mengajukan perubahan data pribadi dari genggaman. Misalnya, apabila karyawan pindah rumah atau tempat tinggal, maka tak perlu repot lapor HR untuk meminta pembaruan data alamat.

Karyawan cukup melakukan update data dari aplikasi dan HR tinggal memberikan approval. Dengan sistem penyimpanan cloud, data personal karyawan akan berubah secara otomatis. Berbeda jika perusahaan menggunakan on-site software di mana HR mesti membuka database karyawan di komputer dan melakukan update manual.

Mengajukan cuti lewat aplikasi

GadjianKu memudahkan karyawan mengajukan cuti online dari smartphone tanpa form cuti kertas. Prosedur cuti ini lebih cepat dan ringkas karena, pada saat yang sama, atasan atau supervisor bisa langsung memberikan persetujuan atau penolakan. Ini juga berlaku untuk izin atau sakit, di mana pengajuan umumnya dilakukan mendadak.

Sisa cuti karyawan juga langsung terpotong apabila pengajuan disetujui atasan. Data cuti real-time ini memudahkan HR mengetahui sisa cuti karyawan setiap saat tanpa perlu menghitung manual dengan Excel.

Baca Juga: Konsultasi HR, Bagaimana Aturan Cuti Karyawan dengan Sistem Kerja Shift? 

Agar karyawan dapat menggunakan GadjianKu, perusahaan mesti berlangganan aplikasi HRIS Gadjian lebih dulu. Aplikasi cloud ini merupakan Software as a Service (SaaS) sehingga perusahaan cukup mendaftar dan langsung menggunakan software tanpa pusing memikirkan update, penyimpanan data, dan keamanannya.

Payroll software terbaik di Indonesia ini telah digunakan lebih dari 2000 perusahaan untuk mengelola penggajian secara efisien, dari hitung gaji hingga pajak PPh 21. Selain serba otomatis dan minim kesalahan, Gadjian membantu perusahaan menghemat biaya kelola administrasi karyawan jutaan rupiah per bulan. Penasaran?

Coba Gadjian Sekarang

Share