Telah Diputuskan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2020

Pemerintah melalui Kementerian Agama, Kementarian Ketenagakerjaan, dan Kementerian PAN-RB pada akhir Agustus lalu telah menetapkan hari libur nasional dan cuti bersama 2020. Dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ditandatangani tiga menteri, terdapat 16 hari libur nasional dan 4 hari cuti bersama.

Bagi HR perusahaan, keputusan ini merupakan informasi penting sebab hari libur terkait dengan cuti karyawan. Bagi karyawan, terutama kelompok usia milenial, yang punya karakter doyan traveling, pengumuman libur nasional merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Mereka akan mencari ‘harpitnas’ atau hari kerja berdekatan dengan long weekend, lalu menyusun rencana liburan, dan berlomba-lomba mengajukan cuti jauh hari agar tidak tidak didahului rekan sekantor.

Hasilnya, form cuti menumpuk di meja HR, dan semua karyawan mengajukan cuti di hari-hari yang sama. Meski pada dasarnya cuti merupakan hak karyawan, perusahaan tetap berhak mengaturnya agar tidak terjadi cuti massal yang berakibat terganggunya pekerjaan kantor. Itusebabnya mengapa HR wajib mengelola cuti karyawan secara tepat dan adil.

Berikut ini daftar hari libur nasional dan hari-hari yang perlu kamu waspadai karena kemungkinan pengajuan cuti karyawan akan melonjak. 

Hari Libur Nasional 2020

No

Tanggal merah Hari

Libur Nasional

1 1 Januari Rabu

Tahun Baru 2020 Masehi

2

25 Januari Sabtu

Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili

3

22 Maret Minggu

Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

4

25 Maret Rabu

Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka 1942

5

10 April Jumat

Wafat Isa Al Masih

6

1 Mei Jumat

Hari Buruh Internasional

7

7 Mei Kamis Hari Raya Waisak 2564
8 21 Mei Kamis

Kenaikan Isa Al Masih

9

24-25 Mei Minggu-Senin Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah
10 1 Juni Senin

Hari Lahir Pancasila

11

31 Juli Jumat Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah
12 17 Agustus Senin

Hari Kemerdekaan RI ke-75

13

20 Agustus Kamis Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah
14 29 Oktober Kamis

Maulid Nabi Muhammad SAW

15

25 Desember Jumat

Hari Raya Natal

Cuti Bersama 2020

1

22, 26, 27 Mei Jumat, Selasa, Rabu

Cuti bersama Hari Raya Idul Fitri

2

24 Desember Kamis

Cuti bersama Hari Raya Natal

Dari daftar di atas, bisa diketahui ada 5 kali long weekend yang terdapat di bulan April, Mei, Juni, Juli, dan Agustus. Sedangkan 3 ‘harpitnas’ ada di bulan Mei, Agustus, dan Oktober. Berikut daftarnya.

Long Weekend

1

10, 11, 12 April Jumat, Sabtu, Minggu

2

1, 2, 3 Mei Jumat, Sabtu, Minggu

3

30, 31 Mei, 1 Juni

Sabtu, Minggu, Senin

4 31 Juli, 1, 2 Agustus

Jumat, Sabtu, Minggu

5 15, 16, 17 Agustus

Sabtu, Minggu, Senin

‘Harpitnas’

1

8 Mei Jumat

2

21 Agustus

Jumat

3 30 Oktober

Jumat

Sementara Februari, September, dan November bersih dari hari libur nasional, sehingga bulan-bulan ini diperkirakan akan sepi pengajuan cuti. Kalaupun ada karyawan yang mengajukan, kemungkinan bukan untuk liburan, tetapi ada urusan penting yang membutuhkan cuti kerja.

Baca Juga: Kalender HR 2020 Memudahkan Pekerjaanmu Setahun ke Depan

Mengelola cuti karyawan dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan sistem cuti online di HR software Gadjian. Sistem ini menyajikan data cuti real-time sehingga memudahkan admin HR mengetahui sisa cuti karyawan setiap waktu tanpa perlu rekap. 

Kabar baiknya lagi, saat ini sudah tersedia GadjianKu, yakni aplikasi karyawan yang merupakan versi mobile dari software HR Gadjian yang dapat dijalankan dari smartphone, sehingga tak perlu lagi akses dari browser. Karyawan dapat mengajukan cuti melalui GadjianKu di mana saja tanpa perlu bertemu langsung dengan HR atau atasan, dan persetujuan cuti juga dilakukan dari aplikasi. 

Sebagai mobile app karyawan, GadjianKu sangat mendukung fleksibilitas karyawan milenial yang sangat menyukai mobilitas serta sistem kerja secara remote. Jadi, jika kamu berpikir tentang aplikasi karyawan untuk menjangkau pekerja masa depan, GadjianKu adalah solusinya.

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Share