Kalender HR 2020 Memudahkan Pekerjaanmu Setahun ke Depan

Tahun 2019 hampir memasuki pengujung. Berarti, waktunya bagi perusahaan untuk membuat evaluasi kerja sekaligus menyusun proyeksi bisnis tahunan. Banyak hal yang mungkin akan berubah dan tentu saja butuh penyesuaian, misalnya anggaran gaji karyawan perusahaan akan meningkat, salah satunya karena pemerintah telah menetapkan kenaikan upah minimum di akhir tahun yang akan berlaku mulai awal tahun depan.

HR juga perlu menyiapkan agenda kerja tahunan dengan harapan agar pengelolaan SDM perusahaan menjadi lebih baik dan terencana. Nah, untuk membantu pekerjaanmu setahun ke depan, Gadjian memberikan Kalender HR 2020 sebagai panduan mengenai waktu-waktu penting yang perlu kamu tandai terkait dengan pekerjaan administrasi, dari pembayaran upah, rekrutmen karyawan, hingga pelaporan pajak.

Kalender HR 2020 - Kelender Kerja HR 2020 - Kalender Libur Nasional - Cuti Bersama | Gadjian

Penerapan Upah Minimum Baru

Jika perusahaanmu masih menerapkan upah minimum untuk karyawan level terendah yang bekerja kurang dari satu tahun, maka kamu harus siap-siap untuk menaikkan upah minimum sesuai ketetapan pemerintah daerah yang diumumkan akhir tahun ini. Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan pertengahan Oktober lalu sudah menetapkan kenaikan upah minimum sebesar 8,51%. 

Sedangkan kenaikan di setiap daerah diumumkan oleh gubernur pada 1 November untuk Upah Minimum Provinsi (UMP) dan 21 November untuk Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK). Upah minimum terbaru akan berlaku pada tanggal 1 Januari 2020. Tandai tanggal tersebut dalam Kalender Kerja HR sebagai tanggal penting. Namun, hal yang lebih penting lagi adalah merencanakan anggaran perusahaan untuk beban gaji yang baru. 

Waktu Penggajian

Waktu penggajian di setiap perusahaan telah ditetapkan berdasarkan perjanjian kerja atau diatur dalam peraturan perusahaan. Tanggal penggajian karyawan biasanya tidak mengalami pergeseran setiap tahun. Gadjian merekomendasikan waktu pembayaran gaji karyawan pada setiap akhir bulan. Kamu bisa menandai minggu terakhir setiap bulan dalam Kalender Tahun HR, atau dari tanggal 25 hingga 31.

Penting untuk dicatat bahwa sebaiknya pembayaran gaji dilakukan tepat waktu. Sebab, jika terlambat lebih dari 3 hari, perusahaan wajib membayar denda sesuai ketentuan PP Pengupahan, mulai dari 5% untuk setiap hari keterlambatan. Ini berarti pemborosan biaya operasional perusahaan. 

Keterlambatan umumnya disebabkan pekerjaan admin penggajian yang cukup rumit dan belum beres saat tanggal pembayaraan. Ini akibat penggunaan cara manual yang memakan waktu dan berisiko salah hitung. Karena itu, kamu sebaiknya menggunakan payroll software Gadjian untuk menghitung gaji dan seluruh komponennya secara otomatis, cepat, dan akurat. Dengan Gadjian, kamu juga bisa membayar gaji seluruh karyawan dengan cepat lewat fitur Mandiri Cash Management. Hanya dengan sekali klik, gaji langsung terkirim ke setiap rekening karyawan.

Waktu Pembayaran Tunjangan Hari Raya Keagamaan (THR)

THR merupakan pendapatan karyawan non-upah. Namun, berbeda dengan tunjangan lainnya, THR sifatnya wajib diberikan pada saat hari raya keagamaan yang ditetapkan oleh pemerintah. Pembayaran dilakukan selambat-lambatnya 7 hari sebelum hari raya. Apabila terlambat, perusahaan wajib membayar denda 5% tanpa menghilangkan kewajiban atas THR. Tandai tanggal berikut dalam Kalender Kerja Tahunan agar tidak terlewatkan:

Agama

Hari Raya  Kalender 2020 THR paling lambat

Konghucu

Imlek 25 Januari

18 Januari

Hindu

Nyepi 25 Maret

18 Maret

Buddha

Waisak 7 Mei 30 April
Islam Idul Fitri 24-25 Mei

16 Mei

Kristen (Katholik dan Protestan) Natal 25 Desember

18 Desember


Besarnya THR adalah 1 bulan upah untuk karyawan yang memenuhi masa kerja 12 bulan atau lebih, dan proporsional untuk karyawan yang masa kerjanya lebih dari 1 bulan tetapi kurang dari 12 bulan. Perhitungan proporsional menggunakan rumus: masa kerja/12 x 1 bulan upah.

Sebagai catatan, sesuai ketentuan perpajakan, THR juga dikenai pajak penghasilan sebagaimana gaji dan tunjangan lainnya. Untuk menghitung THR beserta potongan pajak PPh 21-nya dengan mudah, kamu dapat menggunakan aplikasi Gadjian. 

Waktu Pelaporan SPT Masa PPh 21 

Sebagai pemberi kerja, perusahaan adalah badan yang menurut UU Pajak Penghasilan berwenang memotong pajak karyawannya. Tentu saja tidak hanya menghitung, memotong,dan menyetorkan pajak penghasilan PPh 21 karyawan ke kas negara, perusahaan juga melaporkannya ke kantor pajak. Perusahaan berkewajiban menyampaikan laporan SPT Masa PPh 21 karyawan setiap bulan paling lambat tanggal 20 bulan berikutnya, melalui e-Filing. Bila terlambat, perusahaan dikenai sanksi denda Rp 100.000.

Untuk menghitung pajak penghasilan yang cukup rumit, kamu bisa menggunakan Gadjian. HR software ini menghitung PPh 21 karyawan tetap maupun karyawan kontrak secara otomatis dan tercetak di slip gaji online sebagai potongan gaji karyawan. Aplikasi ini juga menerapkan potongan pajak berbeda terhadap karyawan yang memiliki NPWP dan yang tidak, sesuai aturan perpajakan.

Waktu Terbaik Rekrutmen

Sebenarnya tidak ada hubungan langsung antara waktu rekrutmen dengan kualitas kandidat karyawan. Tetapi, jika kamu mencari fresh graduate, ada bulan-bulan tertentu di mana lulusan perguruan tinggi cukup melimpah, yaitu pada awal tahun, sekitar Januari-Februari, atau pertengahan, sekitar Juli-Agustus.

Jika kamu melakukan rekrutmen pada bulan puncak ini, perusahaan tentu punya banyak pilihan. Jadi, kesempatan mendapatkan calon yang potensial juga lebih besar dibandingkan pada bulan lainnya. 

Waktu Cuti Karyawan

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tren pengajuan cuti di sekitar hari libur akan mendominasi pola cuti di perusahaan. Untuk itu, kamu mesti memiliki Kalender Hari Libur Nasional 2020 yang berisi hari-hari libur resmi yang ditetapkan oleh pemerintah dan berlaku secara nasional.

Tandai hari-hari kerja yang berdekatan dengan libur nasional, atau hari kerja yang diapit dua hari libur atau ‘harpitnas’ di mana pengajuan cuti kemungkinan tinggi, begitu juga sekitar Lebaran dan Natal yang berdekatan dengan akhir tahun. Jika tidak dikelola dengan baik, di hari-hari tersebut mungkin terjadi cuti massal yang dapat mengganggu kinerja perusahaan. 

Karena itu, kamu mesti membuat kebijakan cuti bergiliran agar tidak mengorbankan tugas harian karyawan. Ajak karyawan untuk merencanakan cuti jauh hari, misalnya pada awal tahun, sehingga kamu bisa tahu siapa akan cuti berapa hari dan kapan. Meski tidak selalu tepat sesuai rencana, setidaknya hal ini dapat memberikan gambaran sebaran cuti selama setahun.

Baca Juga: Sistem Upah Ketenagakerjaan di Indonesia

Untuk mengelola cuti secara efisien, kamu juga bisa menggunakan Gadjian. Sistem HR ini memungkinkan cuti dilakukan secara online melalui aplikasi. Jadi, pengajuan dan persetujuan cuti bisa dilakukan lebih cepat dan praktis tanpa form kertas.

Keuntungannya, kamu memiliki data cuti karyawan real-time di Gadjian. Ini artinya, setiap saat kamu bisa mengetahui sisa cuti tahunan karyawan dari aplikasi tanpa perlu rekap manual, sehingga memudahkan kamu membuat keputusan. Misalnya, kamu mendapati seorang karyawan yang cutinya masih utuh, atau bahkan menumpuk dari sisa tahun kemarin, sebaiknya kamu memberinya prioritas cuti dibanding karyawan lain yang lebih sering cuti.

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Share