4 Alasan HR dan Pengusaha Wajib Mengikuti Pelatihan HR

Badan Pusat Statistik menyatakan, jumlah penduduk bekerja pada triwulan I/2018 sebanyak 127,07 juta orang. Dari angka itu, ada tiga lapangan pekerjaan yang memiliki tenaga kerja terbanyak, yaitu: Pertanian, Kehutanan dan Perikanan; Perdagangan, dan Industri Pengolahan. Perkembangan ketiga sektor tersebut secara khusus, dan dunia usaha secara umum, mendorong para praktisi HR dan pemilik usaha untuk menerapkan kebijakan ketenagakerjaan yang tepat. Hal ini tidak hanya akan mempengaruhi jalannya perusahaan, tetapi juga bisa berdampak pada peningkatan ekonomi Indonesia dan perbaikan hajat hidup orang banyak.

Training HR dan Pelatihan SDM dengan Harga Terjangkau dari Gadjian Academy | Gadjian

Sampai saat ini, satu-satunya landasan hukum yang paling diakui dalam urusan ketenagakerjaan adalah Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Sebagian besar pasalnya masih cukup relevan meskipun para HR profesional kerap menuntut adanya pembaharuan. Untungnya, ada berbagai Peraturan Pemerintah yang menjabarkan aplikasi dari UU Ketenagakerjaan, dan membantu memfasilitasi penyelesaian konflik dalam perusahaan.

Permasalahannya sekarang, tidak semua tenaga HR merupakan orang-orang yang berlatarbelakang Ilmu Sumber Daya Manusia atau Ilmu Hukum. Tak jarang kita temui karyawan Divisi HR yang lebih piawai dalam bidang Finance karena perusahaan mungkin berpikir bahwa tugas HR hanyalah sekadar melakukan hitung gaji dan bayar PPh 21. Padahal, lingkup pekerjaan HR jauh lebih luas daripada itu. Maka dari itu, ada baiknya pemilik usaha ‘mengirim’ karyawan HR-nya ke training HR, dengan tujuan sebagai berikut:  

1. Memenangkan Persaingan dalam Mendapatkan Talent Terbaik

Salah satu tugas HR paling krusial adalah melakukan rekrutmen; karena kemajuan perusahaan sangat bergantung pada sumber daya manusia di dalamnya. Anda harus memastikan strategi rekrutmen yang Anda gunakan, sesuai dengan kultur perusahaan dan tujuan jangka pendek-menengah-panjang. Pelatihan Human Resource Management dapat membantu Anda mengevaluasi sistem rekrutmen yang sudah Anda jalankan selama ini.

Baca Juga: 4 Kerugian Perusahaan Jika Meremehkan Pekerjaan HR

2. Merancang Sistem Pengelolaan Tenaga Kerja yang Efektif

Setelah mendapatkan karyawan potensial, Anda harus mengoptimalkan program peningkatan sumber daya manusia. Sebagaimana disebutkan di atas, tenaga HR yang berlatarbelakang Keuangan bisa jadi tidak memiliki wawasan tersebut. Inilah pentingnya menghadiri workshop HR, agar Anda bisa menambah ilmu tentang manajemen HR.

Baca Juga: Pelatihan SDM untuk Startup dan UMKM dengan Biaya Terjangkau

3. Mengetahui Tren atau Isu Terbaru Seputar Dunia HR

Pelatihan HR kerap mengundang para expert yang dapat menjelaskan, atau bahkan memprediksi, isu-isu ketenagakerjaan. Pengetahuan ini akan membuat perusahaan mampu mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi; yang mungkin berimbas pada perusahaan. Sementara wawasan ini akan sulit didapatkan dari belajar secara otodidak; menghadiri pelatihan SDM adalah langkah tepat bagi Anda yang berprofesi sebagai HR.  

Baca Juga: Apa Kata Para HR Profesional tentang Pelatihan SDM Gadjian

4. Sarana Berbagi Kasus dan Pengalaman untuk Pendalaman Materi

Dalam training SDM yang baik, perputaran informasi tidak hanya berasal dari pengajar ke peserta. Para peserta bisa bercerita tentang kejadian-kejadian di perusahaannya, sehingga bisa saling belajar dan mencarikan solusi terbaik berdasarkan apa yang telah ia alami. Terkadang hal ini juga berguna untuk memotivasi para HR untuk terus berkembang dan beradaptasi dalam menyelesaikan isu-isu di dalam perusahaannya.

Baca Juga: Tips Sukses Mengelola Karyawan dari Gadjian Academy: Kaleidoskop Training HR Tahun 2017

Umumnya, pelatihan SDM yang berkualitas tidaklah murah harganya. Untuk itu, Gadjian Academy berkomitmen mengadakan sesi-sesi pelatihan setengah hari yang dibanderol dengan harga yang terjangkau, dengan tidak mengorbankan kualitas. Mengundang para pembicara yang sudah berpengalaman di bidangnya, Gadjian Academy bahkan menyediakan fasilitas training gratis bagi para klien Paket Sukses Gadjian. 

Anda ingin memajukan usaha Anda sekaligus meningkatkan kemampuan karyawan Anda?

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Bagikan artikel ini:

Share