Merdeka! Rayakan Kemerdekaan di Kantor Sambil Meningkatkan Kekompakan Karyawan

Sahabat Gadjian, sudahkah Anda mempersiapkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia? Umumnya, tanggal 17 Agustus dirayakan dengan mengadakan berbagai lomba. Tak terkecuali di kantor, perusahaan, atau pabrik. Perayaan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia dapat mengingatkan para karyawan tentang perjuangan melawan penjajahan; serta meningkatkan rasa syukur bahwa saat ini kehidupan kita sudah jauh lebih mudah karena jasa para pahlawan.

Payroll Sofware Indonesia untuk Mengeloala Keuangan dan Karyawan Perusahaan | Gadjian

Nah, jika kantor Anda belum merancang kegiatan 17-an, ada baiknya ‘menyontek’ dan memahami hal-hal berikut untuk mempersiapkan acara yang meriah.

Peringatan Ulang Tahun Ke-73 Republik Indonesia di Kantor Gadjian

Tahun ini, Gadjian akan mengadakan berbagai lomba seperti: lomba makan kerupuk, lomba kelereng estafet, joget balon, tali kusut, sumpit kelereng, dan kursi misteri. Seluruh karyawan akan dibagi menjadi tim-tim yang ditentukan oleh HR. Seraya memeriahkan Asian Games 2018, setiap tim akan mewakili negara-negara peserta Asian Games. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 16 Agustus 2018, mulai sesudah jam makan siang dan berakhir pada jam pulang kantor.

Perayaan Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia 2018 di Kantor Gadjian

Lomba-lomba tersebut dipilih karena dapat mengundang gelak tawa dan meredakan ketegangan di sela-sela pekerjaan. Sebagai contoh, lomba kelereng estafet akan membuat karyawan saling menyemangati dengan sorak-sorai. Selain itu, beberapa lomba yang menuntut strategi tim diharapkan dapat menciptakan keakraban di antara para karyawan. Apalagi, karyawan tidak diperbolehkan memilih anggota timnya sendiri dan harus menciptakan yel-yel. ‘Mau tidak mau’, karyawan harus bekerjasama dengan karyawan lain yang mungkin belum terlalu dikenal untuk memenangkan lomba. Sesudahnya, suasana kantor akan lebih ‘cair’ dan menjadi nyaman untuk mendiskusikan hal-hal yang berhubungan dengan tugas-tugas.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Employee Engagement ketika Merayakan Ulang Tahun Karyawan

Manfaat Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia di Kantor

Pada sebuah perusahaan, tidak jarang jika karyawannya tidak pernah dipertemukan dalam suatu pekerjaan karena memang beda divisi dan tanggung jawab. Peringatan Ulang Tahun Ke-73 Republik Indonesia bisa menjadi ajang untuk berkenalan dengan karyawan lain. Selain itu, perlombaan dapat mengajarkan para karyawan untuk sportif dalam mengakui kekalahan dan mengucapkan selamat kepada tim yang memenangkan lomba. Harapannya, hal ini akan direfleksikan dalam pekerjaan mereka. Terakhir, ajang ini dapat digunakan oleh HR untuk mengapresiasi karyawan dengan menyediakan hadiah berupa barang-barang yang karyawan butuhkan.

Persiapan Lomba Agustus-an di Kantor

Memang tidak semua perusahaan dapat melakukan perlombaan untuk memperingati Dirgahayu Republik Indonesia, dikarenakan pola kerja karyawan, skema ruangan kantor, dan sebagainya. Jangan berkecil hati, masih ada banyak cara untuk tetap memperingati Ulang Tahun Republik Indonesia. Sebagai contoh, Anda bisa meminta karyawan untuk menggunakan kostum tertentu, baik kostum pejuang Indonesia ataupun ‘noni’ Belanda. Anda juga bisa mendorong karyawan untuk menghias kubikel/meja kerja masing-masing agar lebih meriah. Atau lomba pidato kemerdekaan dan menghafal Undang-undang Dasar 1945, juga dapat dilakukan tanpa perlu space yang luas. Yang penting adalah kebersamaan dan cara-cara untuk meningkatkan rasa nasionalisme.

Baca Juga: 5 Langkah Meningkatkan Efektifitas Karyawan

Tak perlu mahal dan heboh untuk menciptakan kebersamaan di kantor. Rayakan Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia dengan lomba-lomba yang menciptakan kebahagiaan untuk para karyawan. Selamat memperingati Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia!

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *