Bagaimana Aturan THR Karyawan Baru?

Baru-baru ini, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengeluarkan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pembayaran Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2018. Surat ini mengingatkan kembali mengenai aturan THR yang mengacu pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016.

Berdasarkan Permenaker 6/2016 tersebut, karyawan yang telah bekerja selama minimal 1 (satu) bulan secara terus-menerus, berhak atas THR Keagamaan. Ketentuan ini berlaku baik untuk karyawan dengan perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWTT), maupun perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT).

Hitung THR Karyawan dan PPh 21 atas THR Secara Otomatis | Gadjian

Umumnya, THR diberikan paling lambat 7 (tujuh) hari sebelum Hari Raya Keagamaan. Di Indonesia, hari raya yang banyak diadopsi oleh perusahaan adalah Idulfitri. Dengan demikian, menjelang atau sejak awal Ramadan, HR dapat memutuskan apakah perusahaan harus membayarkan THR karyawan baru.

Sebagian perusahaan memang cenderung mempekerjakan karyawan sesudah masa Lebaran karena khawatir harus membayar THR. Akan tetapi, jika kebutuhan karyawan sangat tinggi, mau tidak mau HR harus merekrut karyawan baru tepat sebelum Ramadan. Untungnya, Permen 6/2016 memberikan acuan atas batas minimal pembayaran THR yaitu perhitungan THR secara proporsional. Dengan demikian, THR karyawan kerja 1 bulan dihitung dengan rumus:

THR = Masa Kerja (n Bulan) x 1 Bulan Upah
                      12 Bulan                                        

Namun begitu, jika perusahaan menetapkan besaran uang THR yang lebih besar dan tertera dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama, maka THR yang dibayarkan sesuai perjanjian tersebut. Akan tetapi, perlu dipahami ketentuan THR yang menyebutkan bahwa Tunjangan Hari Raya harus berupa uang, bukan barang seperti hadiah atau parcel.

Baca Juga: Inilah Aturan THR Karyawan yang Mengundurkan Diri (Resign)

Gadjian merupakan payroll software yang dapat membantu HR menghitung THR, apapun status karyawan (tetap dan kontrak) dan berapapun masa kerja karyawan. Jangan ambil risiko hitung secara manual karena ada PPh 21 THR yang juga harus dibayarkan. Lebih baik, gunakan HRIS online seperti Gadjian yang dapat memudahkan pekerjaan divisi HR. Gadjian mengaplikasikan cara menghitung THR yang paling mutakhir sesuai dengan peraturan pemerintah. Perhitungan THR karyawan baru jadi lebih tepat dan efisien.

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Share