Ingin Berkarir sebagai HR? Ini Dia 4 Kisah Inspiratif dari Para HR Profesional

Semakin banyak jumlah karyawan di perusahaan Anda, kebutuhan akan HR profesional menjadi semakin urgent. Hal ini dikarenakan produktifitas akan meningkat ketika memiliki karyawan yang berkompeten. Divisi Human Resources-lah yang bertugas menemukan dan memoles aset manusia di dalam perusahaan.  

Training HR dan Pelatihan SDM dengan Harga Terjangkau dari Gadjian Academy | Gadjian

Jika Sahabat Gadjian sedang meniti karir sebagai HR, Anda harus terus belajar agar bisa menjadi HR profesional yang cemerlang. Kinerja Anda sedikit-banyak akan mempengaruhi stabilitas perusahaan, karena Anda harus mampu memotivasi para karyawan agar loyal pada pekerjaannya.

Baca Juga: Melamar Jadi HRD? Berikut Hal-Hal Yang Wajib Dipersiapkan

5 tokoh HR berikut telah sukses membawa perusahaan tempat mereka bekerja, memenangkan persaingan bisnis, melalui pengelolaan karyawan yang efektif dan efisien. Mereka merupakan contoh dari best practice HR di Indonesia, berikut profil singkat mereka:

Josef Bataona (HR Director PT. Indofood CBP Makmur)

30 tahun lebih malang melintang di dunia HR, Josef Bataona membuktikan bahwa manajemen HR yang bagus akan membuat karyawan menjadi betah dan loyal kepada perusahaan. Karena ia sendiri telah menghabiskan 31 tahun di perusahaan yang sama yaitu Unilever Indonesia sebelum berpindah ke Danamon dan akhirnya bertambat di Indofood sebagai HR Director.

Pengalaman yang dimiliki oleh Josef tentu tidak perlu dipertanyakan lagi. Ia sudah menulis buku  berjudul #Curhat Staff dan juga masuk ke dalam jajaran orang terpenting di bidang HR. Pria berkacamata ini juga tak pernah bosan memotivasi karyawan agar meniti karir hingga maksimal.

Baca Juga: 10 Film Kepemimpinan untuk Memotivasi Karyawan dan Mengelola Tim yang Solid

Yos Rizal Setiawan (Ex. Country HR Leader/Director PT. 3M Indonesia)

Yos Rizal Setiawan bukanlah HR leader biasa, namun ia juga menguasai bidang-bidang lain dalam perusahaan. Ia juga memahami bagaimana proses merger dan akuisisi perusahaan. Dengan pengetahuan dan pengalaman dalam berbagai posisi strategis perusahaan dan mampu membuat keputusan-keputusan yang berimbas pada jalannya perusahaan; wajar jika karirnya semakin melesat.

Baca Juga: Apa Kata HR Profesional tentang Pelatihan SDM Gadjian

Namun hal tersebut tidak terjadi dalam satu malam. Yos sudah berkarir di bidang HR selama 20 tahun lebih. Anda juga bisa mengikuti jejaknya untuk menjadi seorang HR profesional dengan meningkatkan terus kemampuan Anda dengan mengikuti training HR dan workshop HR. Ini adalah investasi jangka panjang!

Ripy Mangkoesoebroto (Ex. HR Director PT. Indosat)

Perempuan yang murah senyum ini membawa perubahan besar-besaran ke dalam kantor Indosat Ooredoo beberapa tahun lalu. Apa saja yang dilakukan oleh seorang Ripy Mangkoesobroto? Mulai dari merombak suasana kantor dari yang semula kaku menjadi lebih enerjik; dengan cara menghilangkan sekat kubikel. Hal ini jelas mempermudah alur komunikasi di antara tim kerja. Selain itu, perubahan yang paling kentara dari Indosat adalah pergantian logo, yang merupakan inisiatif darinya.

Karir HR Ibu Ripy melalui proses yang panjang. Dimulai dari menjadi manajer pada Divisi Learning and Development, alumni Jurusan Psikologi Universitas Indonesia ini turut belajar tentang bisnis agar dapat membuat kebijakan yang seimbang antara perusahaan dan pekerja. Minatnya yang luar biasa terhadap bidang ini membuat setiap pekerjaan yang dilakukannya benar-benar total. Sebuah pelajaran yang bisa diambil dari Ibu Ripy adalah, ia tak segan melakukan observasi dan pendekatan setiap harinya, agar para karyawan nyaman dan semakin semangat berkarya.

Herdy Rosadi Harman (Chief Human Capital Officer PT. Telkom Group)

Pada tahun 2016, Herdy Rosadi Harman meraih Best Chief Human Officer (Best CHCO) pada ajang BUMN Leaders Award 2016 yang diselenggarakan oleh IPMI International Business School. Sebuah penghargaan bergengsi yang menjadi bukti bahwa kinerjanya selama ini membuahkan hasil manis. Sebagai perusahaan BUMN, tantangan terbesar adalah memberikan pelatihan SDM yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan karyawan dalam rangka menunjang peningkatan kinerja agar semakin maksimal.

Hal tersebut memang menjadi pekerjaan rumah bagi Divisi HR: bagaimana agar karyawan memiliki semangat tinggi dan produktivitas yang maksimal. Anda pun bisa mendaftarkan diri mengikuti training HR gratis di Jakarta sebagai salah satu alternatif sarana pembelajaran untuk karyawan perusahaan agar dapat berkembang seperti yang dilakukan okleh Herdy Rosadi Harman.

Baca Juga: Pelatihan SDM untuk Startup dan UMKM dengan Biaya Terjangkau

Semoga kisah inspirasi dari 4 bintang HR di Indonesia ini memotivasi Anda untuk selalu menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan. Karena suksesnya sebuah perusahaan sangat bergantung pada tim HR dan yang handal dan solid.

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Bagikan artikel ini:

Share