5 Keuntungan Penggunaan Layanan Payroll Bank dalam Penggajian Karyawan

Integrasi Aplikasi Pembayaran Gaji Gadjian dan Mandiri Cash Management (MCM) | Gadjian

Perhitungan gaji karyawan merupakan salah satu tugas HR yang paling menyita waktu. Bukan hanya tunjangan tidak tetap saja yang harus dihitung secara rinci; tapi ada faktor-faktor lain seperti iuran BPJS Ketenagakerjaan dan iuran BPJS Kesehatan, PPh 21, atau pinjaman karyawan-yang kesemuanya menjadi potongan pada gaji karyawan. Maka dari itu, perusahaan mulai beralih ke layanan payroll bank untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan sebagai berikut:

1. Menghemat Waktu

Selain penerapan cara menghitung gaji karyawan yang harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan; proses penyetoran uang gaji karyawan dan pembayaran juga menjadi tugas HR yang tidak mudah. Apalagi jika karyawan dalam perusahaan berjumlah ratusan atau ribuan. Daripada HR menghabiskan waktu untuk antri di bank, lebih baik menggunakan layanan payroll bank untuk membayarkan gaji karyawan.

Baca Juga: Penggajian Membuatmu Lembur? 3 Tips Agar Pembayaran Gaji Lebih Efisien

2. Meningkatkan Transparansi pada Proses Pembayaran Gaji

E-payroll marak dipilih oleh perusahaan karena slip gaji online lebih aman untuk disimpan daripada cek kertas yang mudah hilang. Selain itu, dengan aplikasi penggajian, karyawan bisa memeriksa potongan apa saja yang dibebankan atas gajinya. Dengan demikian, baik perusahaan maupun karyawan bisa sama-sama merasa tenang karena terhindar dari kesalahan pembayaran gaji.  

3. Efisiensi Biaya

Proses pembayaran gaji tersebut pasti mengeluarkan ongkos. Salah satunya adalah rekrutmen tenaga HR untuk mengurusi penggajian tersebut. Oleh karena itu, ketika perusahaan menggunakan sistem pembayaran payroll, biaya yang dikeluarkan menjadi lebih ekonomis dan efisien. Divisi HR pun dapat fokus melakukan tugasnya yang lain yaitu peningkatan aset sumber daya manusia.

4. Memastikan Penanganan Gaji Karyawan dengan Lancar

Sebagian karyawan mungkin jarang melakukan transaksi di bank, atau bahkan tidak memiliki rekening. Maka dari itu, ada beberapa bank yang memberikan kartu gaji tersendiri untuk mempermudah penggajian kepada karyawan-karyawan ini. Apapun tantangan yang dihadapi perusahaan dalam memenuhi kewajibannya atas kompensasi karyawan, dapat diselesaikan dengan mudah oleh bank.

Baca Juga: Daftar Bank yang Menawarkan Jasa Pembayaran Payroll

5. Mengelola Kasbon Karyawan dengan Lebih Efektif

Perusahaan dapat meminta bank untuk melakukan autodebit atas beberapa potongan gaji karyawan, salah satunya adalah pinjaman karyawan. Dengan sistem ini, tidak ada lagi alasan bagi karyawan untuk tidak membayar utang kepada perusahaan.

Karyawan Anda sudah banyak dan Anda pusing mengatur penggajian secara manual? Beralihlah ke aplikasi slip gaji sekarang juga! Download HR Software Gadjian yang memudahkan Anda atau HR melakukan bayar gaji karyawan dengan semua potongan yang harus diberlakukan. Gadjian terintegrasi dengan absen online sehingga perhitungan tunjangan kehadiran pun akan lebih valid. Apalagi, MCM-Gadjian membuat Anda dapat mentransfer gaji karyawan dengan sekali klik, apapun rekening bank karyawan.

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Share