Tata Cara Pendaftaran SIPP BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan adalah program perlindungan sosial ekonomi bagi tenaga kerja, yang penyelenggaraannya mengaplikasikan mekanisme asuransi sosial. Pemerintah mewajibkan seluruh perusahaan di Indonesia mendaftarkan karyawannya sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan, sehingga setiap pekerja memiliki jaminan atas risiko pekerjaan tertentu. Ketentuan kewajiban ini disebutkan dalam Peraturan Presiden No 109 /2013 tentang Tahapan Kepesertaan Program Jaminan Sosial:

“Sesuai dengan skala sejak tanggal 1 Juli 2015, setiap perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya kepada BPJS Ketenagakerjaan untuk mengikuti program jaminan kecelakaan kerja, program jaminan hari tua, program jaminan pensiun, dan program jaminan kematian secara bertahap.”

Baca Juga: Ringkasan Dasar Perhitungan BPJS Ketenagakerjaan Sesuai Undang-Undang

Kabar baiknya, jika Sahabat Gadjian berperan sebagai Divisi HR dan harus melakukan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa menempuh langkah yang lebih mudah.

Berikut cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan secara online:

1. Buka situs resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Tata Cara Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan - Halaman Muka | Gadjian

2. Klik kotak “Daftar” pada kolom kanan bawah yang bertuliskan “Mau jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan?”

3. Anda memiliki dua pilihan:
– Pilih jika Anda mendaftar sebagai perusahaan
– Pilih jika Anda mendaftar sebagai personal/pribadi

4. Setelah memilih, Anda bisa memasukkan email dan meneruskan pendaftaran sesuai dengan panduan yang telah disediakan.

Tata Cara Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan - Registrasi | Gadjian

Untuk syarat BPJS Ketenagakerjaan, terbagi atas dua kategori sebagai berikut:

Syarat BPJS Ketenagakerjaan | Gadjian

Jika perusahaan Anda sudah terdaftar pada BPJS TK, tidak perlu bolak-balik ke kantor BPJS untuk melakukan pelaporan. BPJS menyediakan SIPP Online, atau Sistem Informasi Pelaporan Peserta Online yang bisa Anda akses dimana saja. Anda pun dapat mengelola data peserta BPJS Ketenagakerjaan dari kantor Anda; termasuk membuat laporan upah biaya tenaga kerja bulanan, dan melakukan transaksi pembayaran iuran. Fitur-fitur New SIPP yang dapat mempermudah pekerjaan Anda, antara lain: mutasi data, monitoring iuran, laporan (tenaga kerja baru, tenaga kerja keluar, rincian upah, dan rincian iuran), dan pengaturan profil perusahaan.

Berikut ini Gadjian memaparkan langkah pendaftaran SIPP BPJS Ketenagakerjaan agar Anda dapat mengakses BPJS Online, yaitu:

1. Buka website SIPP Ketenagakerjaan.

Tata Cara Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan - SIPP | Gadjian

2. Pilih “Daftar” dan Anda akan masuk pada laman: https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id/daftar

Tata Cara Pendaftaran SIPP BPJS Ketenagakerjaan |- Daftar | Gadjian

3. Isi kolom dengan NPP (Nomor Pendaftaran Perusahaan) sesuai pendaftaran, serta Divisi Anda. Jika data yang Anda masukkan sudah benar, maka Nama Perusahaan akan otomatis muncul. Kemudian klik “Next” dan lanjutkan pendaftaran sampai selesai.

Selain menggunakan aplikasi SIPP BPJS Ketenagakerjaan, HR Software Gadjian juga memiliki fitur BPJS dengan deskripsi sebagai berikut:

Gadjian membantu Anda menghitung premi BPJS,
baik BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan, sekaligus menghitung PPh 21-nya.
Selain itu, Gadjian membantu pelaporan BPJS Ketenagakerjaan dengan menyediakan format SIPP dan mengisi file SIPP secara otomatis sehingga siap diunggah ke SIPP BPJS. Bahkan, Anda dapat login akun SIPP Anda hanya dari dashboard Gadjian 🙂

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Share