Manajemen Administrasi Karyawan ala Kokiku TV

Manajemen Administrasi Karyawan ala Kokiku TV | Gadjian

Zaman sekarang, belajar bisa dari mana saja. Tak terkecuali YouTube, yang bisa digunakan untuk belajar masak. Kokiku TV adalah YouTube Channel kategori acara memasak yang paling terkenal di Indonesia, dengan 329ribu pelanggan channel dan 140ribu pengikut di Instagram. Baru-baru ini, Kokiku TV menjadi viral karena tema “Kata Bocah” yang memuat komentar anak-anak tentang berbagai makanan.

Kedua pendiri, Nadia Ve dan Stanley Marcellius, awalnya hanya menjalankan Kokiku TV sebagai proyek bisnis kreatif yang dijalankan pada akhir pekan. Hal ini dikarenakan Stanley punya hobi memasak dan Nadia mahir dalam video editing. Seiring meningkatnya peminat, ide tayangan pun digarap lebih serius. Setelah mendapatkan kerjasama dengan beberapa brand kuliner pada tahun 2012, mereka memberanikan diri untuk bertemu dengan Ben Subiakto, CEO Fimela.com dan CMO KapanLagi.com. Dengan investasi dari Ben, PT Kokiku Media Indonesia diluncurkan pada tahun yang sama. Mereka pun berfokus pada konten kreatif yang berhubungan dengan dunia memasak, khususnya kuliner Indonesia.

Selanjutnya, berturut-turut Kokiku TV mendapatkan dukungan dari Ismaya Group, dan Elixir Capital yang berpusat di Silicon Valley. Dengan demikian, Nadia dan Stanley menghadapi tantangan untuk mengembangkan brand, memastikan kualitas konten, dan meningkatkan aspek bisnis.

Dilansir dari bio YouTube, Kokiku TV mendeskripsikan diri sebagai berikut:

Kokiku TV adalah online portal kuliner untuk para pencinta makanan. Dari resep masakan rumah sampai kisah chef profesional, keunikan street food sampai keindahan fine-dining cuisine, semua ada di Kokiku TV – your ultimate cooking channel! Kokiku TV menyajikan informasi dan solusi memasak yang real dan praktis. Kami akan berbagi video tutorial masak, resep mudah super lezat, sampai trik menghias makanan untuk kamu yang suka mengadakan pesta.

Kokiku TV menyajikan informasi dan solusi memasak yang real dan praktis. Kami akan berbagi video tutorial masak, resep mudah super lezat, sampai trik menghias makanan untuk kamu yang suka mengadakan pesta. Tunggu apa lagi? Let’s get cooking!

Kolaborasi Kokiku TV dengan berbagai media online membuat penonton channel semakin banyak. Dengan ide-ide kreatif yang unik, Kokiku mengedepankan konten viral berkualitas tinggi. Pada tahun 2015, Kokiku Media Indonesia membangun Kokiku Network yang terdiri dari beberapa pembuat konten, seperti koki profesional atau penulis kuliner. Sebanyak sepuluh orang YouTuber Indonesia yang mewakili berbagai kalangan ‘dipekerjakan’ di bawah manajemen, sehingga Kokiku TV dapat menangani banyak brand dan menyesuaikannya dengan kelompok audiens yang disasar. Tak hanya keluarga muda Indonesia, banyak juga generasi millennial yang membicarakan tentang Kokiku TV.

Untuk menangani bisnis ini, Nadia pun mulai memperbanyak jumlah tim. Ia berprinsip bahwa tim yang solid dan siap bekerja secara multitasking sangatlah penting, untuk itu ia berusaha untuk menciptakan kenyamanan bagi karyawannya.

Sebelum menggunakan Gadjian, Kokiku TV sempat mengalami kesulitan dengan perhitungan THR dan gaji proporsional untuk karyawan baru. Pengelolaan cuti karyawan juga terhambat dari segi teknis pengajuan. Namun, dengan aplikasi HRD Gadjian, cara menghitung THR dapat disesuaikan dengan perundang-undangan dan perjanjian kerja. Cuti karyawan pun dapat diatur secara otomatis, mengikuti permintaan karyawan dan peraturan perusahaan. Dengan pengajuan cuti online, Divisi HR dapat melakukan pemantauan dengan lebih efektif.

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Share