Konsultasi HR: Apakah gaji dipotong saat hari libur?

Konsultasi HR: Apakah gaji dipotong saat hari libur? | GadjainPertanyaan 1:

Dear Gadjian,

Apakah hari libur nasional tidak termasuk dalam perhitungan gaji atau masa kerja karyawan? Dengan kata lain, apakah gaji karyawan dipotong saat hari libur nasional?

Dewi di Jakarta

Pertanyaan 2:

Halo Gadjian,

Jika tidak masuk 1 hari apakah gaji dipotong? Dan jika banyak hari libur, gaji pun di hitung berdasarkan setiap masuk?

Ade di Bandung

Jawaban:

Halo Bu Dewi & Bu Ade,

Pertama-tama, ibu harus memahami dulu bahwa gaji atau upah menurut Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan dapat terdiri dari beberapa komponen yaitu:

–    Upah pokok,  yaitu imbalan dasar yang dibayarkan kepada karyawan  menurut tingkat atau jenis pekerjaan yang besarnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan. Ketika kita membahas struktur & skala upah, upah atau gaji pokok inilah yang kita bahas.

–  Tunjangan tetap adalah pembayaran kepada karyawan yang dilakukan secara teratur dan tidak dikaitkan dengan kehadiran karyawan atau pencapaian prestasi kerja tertentu. Contohnya adalah tunjangan jabatan atau tunjangan PPh 21.

–  Tunjangan tidak tetap adalah suatu pembayaran yang secara langsung atau tidak langsung berkaitan dengan karyawan, yang diberikan secara tidak tetap untuk karyawan dan keluarganya serta dibayarkan menurut satuan waktu yang tidak sama dengan waktu pembayaran upah pokok. Tunjangan transport dan/atau tunjangan makan yang didasarkan pada kehadiran masuk pada kategori tunjangan tidak tetap ini.

Jadi, terkait pertanyaan Ibu mengenai apakah gaji dipotong saat hari libur, jawabannya adalah tergantung komponen gaji yang dibahas. Misalnya, jika komponen gaji di perusahaan ibu terdiri dari gaji pokok dan tunjangan makan tergantung kehadiran karyawan, maka gaji pokok tetap wajib dibayarkan meskipun hari libur, sedangkan tunjangan makannya tidak wajib dibayarkan.

Penghitungan gaji seperti di atas bisa jadi cukup merepotkan bagi HRD, karena sebelum penggajian bagian HRD diwajibkan untuk menghitung hari-hari di mana karyawan tidak menerima tunjangan tidak tetap. Namun, ibu tidak perlu khawatir lagi akan kerepotan perhitungan ini, karena aplikasi Gadjian dapat membantu perhitungan upah, baik yang terdiri dari gaji pokok + tunjangan tetap maupun tidak tetap.

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | GadjianUntuk membuat perhitungan hari-hari kehadiran karyawan semakin mudah, gunakan aplikasi presensi Hadirr yang akan memudahkan pengelolaan dan perhitungan absensi karyawan.

Coba Hadirr Software Aplikasi Absensi Karyawan Online (E-Absen) Terbaik IndonesiaSemoga membantu ya Bu! 😮

Punya pertanyaan seputar pengelolaan SDM? Silakan tanya di chatbox laman ketenagakerjaan website Gadjian atau tinggalkan pertanyaan Anda di kolom komentar. Tim kami yang didukung oleh Certified Human Resources Professionals akan membantu menjawab pertanyaan Anda!

 

Share