Tips Mengelola Bisnis Snack Makanan Ringan dari Zanana Chips

Tips Mengelola Bisnis Snack Makanan Ringan dari Zanana Chips | Gadjian

Menjelang akhir tahun, Sahabat Gadjian pasti mencari camilan untuk dinikmati bersama teman-teman atau saudara. Bagaimana dengan keripik pisang aneka rasa? Mengusung tagline #senangnyabisadibagi, Zanana Chips cocok untuk dijadikan camilan pada pesta tahun baru. Saat ini, Zanana Chips punya lima rasa yaitu Brown Chocolate, Smoked Beef, Green Thai Tea, Creamy Milk, dan Classy Spicy. Yang manis ataupun gurih, daya tahan Zanana Chips mencapai satu tahun.

Didirikan pada bulan November 2013 oleh Gazan Azka Ghafara; salah satu momen puncak dalam bisnis makanan ringan ini adalah ketika ia berhasil memenangkan peringkat pertama kompetisi wirausaha Diplomat Success Challenge (DSC) pada akhir 2016. Mendapatkan hadiah Rp 500 juta, ia mulai mengembangkan sayap dalam program capacity building. Tak hanya bertujuan meningkatkan branding Zanana Chips, Gazan ingin memotivasi lebih banyak anak muda agar mau berwirausaha.

Menurut Surjanto Yasaputera, Ketua Dewan Komisioner DSC 2016, Zanana Chips layak menjadi pemenang karena karakteristik kepemimpinan Gazan yang kuat. Selain itu, pengelolaan karyawan dan proses produksi Zanana Chips dipandang semakin efisien dari tahun ke tahun.

Hingga tahun 2017, Gazan dan timnya berhasil mendistribusikan Zanana Chips ke lebih dari 70 kota di Indonesia; dan juga negara lain seperti Malaysia, Jepang, Brunei, China, dan Mesir melalui jaringan reseller, agen, dan distributor. Dengan saluran distribusi yang mencapai angka 500 unit, penjualan produk Zanana Chips sudah lebih dari angka 20 ribu bungkus per bulan. Maka dari itu, wajar jika manajemen terus melakukan rekrutmen karyawan, terutama untuk staf produksi, agar dapat memenuhi pesanan.

Produksi keripik tepat waktu adalah kunci dari kelanggengan ketersediaan produk. Kadang, kerja shift yang beragam harus diberlakukan agar produktivitas dapat terus ditingkatkan. Maka dari itu manajemen harus memastikan para karyawan datang sesuai jadwal kerja yang telah ditetapkan. Di samping itu, dengan pola kerja yang bermacam-macam, maka pemberlakuan hari libur karyawan juga turut terpengaruh. Manajemen membutuhkan payroll software Indonesia yang dapat membantu manajemen dalam mengatur hari-hari kerja, cuti, dan juga lembur karyawan.

Zanana Chips menggunakan Gadjian untuk memantau kehadiran karyawan secara otomatis. Jika ada karyawan yang terlambat, manajemen dapat langsung mengetahuinya tanpa perlu memantau satu persatu karyawan. Pekerjaan Divisi HRD yang lebih terarah menjadikan manajemen dapat menggunakan waktu luang untuk belajar. Gazan menyatakan kesuksesan hanya dapat diraih jika pengusaha terus menambah ilmu lewat buku-buku bisnis dan workshop. Untuk itu, Zanana Chips merasa sangat terbantu dengan Gadjian, dan menjadikan mereka semakin optimis dalam mengembangkan bisnis kuliner ini di masa depan.

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Share