Inilah Peraturan Shift Kerja Karyawan Sesuai Peraturan Pemerintah

Inilah Peraturan Shift Kerja Karyawan Sesuai Peraturan Pemerintah | GadjianJam kerja yang lazim diterapkan di Indonesia adalah Senin-Jumat 08.00-17.00 atau Senin-Sabtu 08.00-16.00. Namun terkadang perusahaan harus menggunakan shift kerja karena situasi tertentu. Sebagai contoh, dalam sebuah bisnis penjualan atau jasa, pemilik usaha cenderung akan membagi karyawannya dalam dua atau tiga shift kerja agar pelanggan bisa dilayani selama 24 jam. Hal ini juga mungkin berlaku pada sebuah perusahaan manufaktur, ketika kapasitas pabriknya belum mencukupi permintaan jika hanya mengikuti jam kerja yang umum. Maka dari itu, jumlah pekerjanya dibagi dalam dua shift kerja agar mesin produksi bisa digunakan terus menerus.

Pemerintah memahami bahwa untuk mengembangkan industri dan ekonomi, perusahaan mungkin harus memberlakukan shift kerja yang berbeda dari perusahaan pada umumnya. Pemerintah telah mengatur kebijakan tersebut dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor: Kep. 233 /Men/2003 tentang Jenis dan Sifat Pekerjaan yang Dijalankan Secara Terus Menerus. Dalam Pasal 2 dan 3 diatur sebagai berikut:

Pasal 2

Pengusaha dapat mempekerjakan pekerja/buruh pada hari libur resmi untuk pekerjaan yang menurut  jenis dan sifatnya harus dilaksanakan dan dijalankan secara terus menerus.

Pasal 3

(1) Pekerjaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 yakni:

  1. Pekerjaan di bidang pelayanan jasa kesehatan;
  2. Pekerjaan di bidang pelayanan jasa transportasi;
  3. Pekerjaan di bidang jasa perbaikan alat transportasi;
  4. Pekerjaan di bidang usaha pariwisata;
  5. Pekerjaan di bidang jasa pos dan telekomunikasi;
  6. Pekerjaan di bidang penyediaan tenaga listrik, jaringan pelayanan air bersih (PAM), dan penyediaan bahan bakar minyak dan gas bumi;
  7. Pekerjaan di usaha swalayan, pusat perbelanjaan, dan sejenisnya;
  8. Pekerjaan di bidang media masa;
  9. Pekerjaan di bidang pengamanan;
  10. Pekerjaan di lembaga konservasi;
  11. Pekerjaan-pekerjaan yang apabila dihentikan akan mengganggu proses produksi, merusak bahan, dan termasuk pemeliharaan/perbaikan alat produksi.

(2) Menteri dapat mengubah jenis pekerjaan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) sesuai dengan perkembangan.

Bagi pekerja, pemberlakuan pola kerja yang berbeda-beda ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Berbagai penelitian menyebutkan shift kerja malam dapat mengganggu kesehatan, bahkan mempercepat penurunan fungsi otak. Hal ini dikarenakan tubuh manusia pada dasarnya memiliki sistem yang dirancang untuk aktif pada siang hari dan beristirahat pada malam hari. Sebaliknya, kebanyakan orang mungkin menikmati bekerja pada shift malam karena perjalanan ke kantor dan pulang dari kantor bisa ditempuh dengan lebih cepat. Situasi yang tenang turut meningkatkan produktivitas sehingga pekerjaan bisa selesai dalam waktu yang lebih singkat.

Maka dari itu, pemerintah tidak tinggal diam dalam memastikan hak-hak para pekerja shift terpenuhi. Pemerintah mewajibkan perusahaan menjaga kesehatan pekerja dengan cara menyediakan makanan dan minuman yang bergizi; waktu dan tempat istirahat di antara jam kerja; dan yang tak kalah penting, kebersihan lokasi kerja. Selain itu, perusahaan harus menjamin keamanan bagi para pekerjanya. Baik dari aspek kesusilaan, atau lingkungan wilayah kerja itu sendiri. Adanya satpam, atau koordinator tim yang dapat menjaga batas hubungan antara pekerja perempuan dan laki-laki, akan menciptakan perasaan nyaman bagi para pekerja.

Jika perusahaan yang Anda pimpin menerapkan shift kerja, maka Anda membutuhkan HR software yang dapat mencatat absensi karyawan dengan tepat. Gadjian merupakan payroll software Indonesia yang bisa memonitor kehadiran karyawan, mulai dari status hadir, mangkir, hingga cuti dan unpaid leave. Selain itu, fitur pengelolaan pola kerja di Gadjian memungkinkan Anda mengelola jadwal dan peraturan jam kerja yang beragam. Catatan absensi yang rapi dan teratur akan mempermudah pekerjaan HR dalam menghitung gaji karyawan. Apalagi, dengan Gadjian, perhitungan lembur karyawan dapat diatur secara otomatis.

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Share