10 Film Kepemimpinan untuk Memotivasi Karyawan dan Mengelola Tim yang Solid

Aset perusahaan paling penting terletak pada manusianya, tentu Anda tahu itu. Bahkan, Anda mengikuti serangkaian workshop dan training untuk memastikan pengelolaan karyawan yang efektif dan efisien. Beberapa ilmu yang Anda dapatkan sudah diterapkan, tapi mengapa masih belum optimal?

Sebenarnya Anda bisa belajar mengenai manajemen tim dari sumber apa saja. Jika anggaran dan waktu untuk mengikuti training HR menjadi tantangan, cobalah belajar dari buku atau film. Keduanya bisa menjadi sarana pembelajaran yang baik untuk meningkatkan kerjasama tim. Kelebihan belajar dari film adalah pesannya lebih mudah dipahami, dan bisa juga ditonton secara beramai-ramai. Kali ini, Gadjian akan merekomendasikan sepuluh film tentang teamwork yang wajib Anda tonton.

1. Coach Carter (2005)

Coach Carter | Gadjian Aplikasi Payroll Software untuk Kelola Keuangan Perusahaan

Bagaimana cara mendapatkan respek dari anggota tim adalah salah satu ‘misteri’ dalam tugas kepemimpinan. Yang mana yang lebih baik menurut Anda: pimpinan yang ditakuti, atau yang disegani? Pada film yang diangkat dari kisah nyata ini, Ken Carter (Samuel L. Jackson) mengambil alih tim basket di SMA-nya dulu, dan menerapkan standar sangat tinggi untuk memperbaiki mental para pemain. Tentu saja hal ini tidak semudah yang diharapkan. Namun dengan keteguhan dan kedisiplinan, para anggota tim akhirnya memahami tujuan dari perubahan tersebut.

2. Ocean’s Eleven (2011)

Oceans Eleven| Gadjian Aplikasi Payroll Software untuk Kelola Keuangan Perusahaan

Seri pertama dari trilogi film yang diikuti oleh Ocean’s Twelve (2004) dan Ocean’s Thirteen (2007) ini sudah sering dijadikan studi kasus dalam pembelajaran mengenai manajemen tim. Ada tiga prinsip mendasar yang barangkali bisa Anda terapkan dalam rekrutmen, yaitu availability (ketersediaan), ability (kemampuan), dan trustworthiness (keterpercayaan). Artinya, pilihlah karyawan yang dapat menunjukkan dedikasinya kepada Anda. Dengan demikian, Anda tahu bahwa anggota ini akan memprioritaskan kepentingan perusahaan daripada kepentingan pribadi.

3. The Internship (2013)

The Internship| Gadjian Aplikasi Payroll Software untuk Kelola Keuangan Perusahaan

Ingin menyegarkan hubungan tim yang mulai tegang dan kaku? Coba adakan acara nonton bareng film ini, dan kemudian ditutup dengan diskusi tentang cara membangun tim kerja yang baik. Dalam The Internship, Billy (Vince Vaughn) dan Nick (Owen Wilson) yang berusaha mendapatkan posisi di Google, harus bekerjasama dengan empat orang lainnya yang punya karakter dan latar belakang sangat berbeda. Namun pada akhirnya, tim mereka dapat unggul daripada tim-tim lain karena berhasil menyatukan visi dan misi. Selain itu, membangun ‘trust’ dalam tim sangatlah penting agar tugas dapat didelegasikan sesuai dengan keahlian masing-masing.

4. The Wolf of Wall Street (2013)

The Wolf of Wall Street | Gadjian Aplikasi Payroll Software untuk Kelola Keuangan Perusahaan

Jika Anda penggemar Leonardo DiCaprio, mungkin sudah pernah menonton film ini. Meskipun pada dasarnya karakter Jordan Belfort bersifat sangat serakah, ada banyak pelajaran berharga yang bisa diambil terutama tentang cara meningkatkan motivasi kerja karyawan. Sebagaimana disebutkan dalam film The Internship, visi yang jelas dan kuat akan mampu mengikat para anggota tim. Setiap manusia punya dorongan untuk berkontribusi dalam mewujudkan sesuatu, dan hal ini lebih dari sekadar ‘bekerja’. Maka, pastikan Anda punya ‘sesuatu’ ini, yang dapat Anda ajarkan sesuai dengan nilai diri setiap anggota tim.

5. Flight of The Phoenix (2004)

Flight of The Phoenix | Gadjian Aplikasi Payroll Software untuk Kelola Keuangan Perusahaan

Masih tentang motivasi, film bertema petualangan dan survival ini bisa menginspirasi tim Anda yang mungkin sedang mengalami kegagalan. Barangkali Anda ingin mengajarkan bahwa gagal itu biasa dalam pekerjaan, namun tentu harus diiringi dengan usaha untuk memperbaikinya. Oleh karena itu, anggota tim harus memiliki ketahanan, optimisme, dan semangat untuk mencari solusi. Disamping itu, pastikan suasana komunikasi dalam tim cukup konfusif, agar tercipta kepercayaan di antara anggota tim.

6. Thank You for Smoking (2005)

Thank You for Smoking| Gadjian Aplikasi Payroll Software untuk Kelola Keuangan Perusahaan

Meskipun dibintangi oleh Aaron Eckhart, film ini tergolong indie dan mungkin agak sulit untuk didapatkan. Akan tetapi, bagi Anda yang menjalankan usaha dalam bidang yang ‘kurang biasa’ harus belajar dari film ini. Kadang anggota tim merasa kurang yakin ketika menjalankan ide yang berseberangan dengan hal-hal yang diterima di masyarakat, namun jika memang masih berada di jalan yang benar, mengapa harus takut? Sebagai seorang pemimpin, karakter Nick Naylor mengajarkan: ‘the beauty of argument: if you argue correctly, you’re never wrong’.

7. Now You See Me (2013)

Now You See Me | Gadjian Aplikasi Payroll Software untuk Kelola Keuangan Perusahaan

Film ini seru banget! Anda bisa belajar tentang perencanan, persiapan, dan evaluasi dari sebuah pekerjaan demi mencapai keberhasilan. Tahu sendiri dong, kalau trik-trik sulap harus dicoba berulang kali sebelum dapat ditampilkan? Manajemen tim juga sangat tampak di film ini, yang mana mereka fokus terhadap hal-hal di dalam tim dan visi stratejik. Salah satu tantangan dalam mengelola SDM adalah menyatukan ‘isi kepala’ para karyawan yang juga memiliki latar belakang dan karakter kepribadian yang unik. Film ini bisa Anda tonton bersama anggota tim HRD yang lain untuk tahu bagaimana menangani para karyawan.

8. Facing the Giants (2006)

Facing the Giants

Semua orang pernah gagal – bahkan miliuner paling kaya atau pengusaha paling sukses – pasti pernah berada di satu titik terendah dalam hidup. Jika sudah terjadi, bagaimana memotivasi tim kerja agar tetap memberikan yang terbaik? Kadang, ikatan emosional antara Anda dan para pekerja lebih dapat diandalkan dalam situasi seperti ini. Namun begitu, hal ini tidak dapat dibangun dalam semalam. Butuh proses dan waktu cukup panjang untuk membuktikan bahwa Anda adalah seseorang yang memimpin dengan hati dan pantas untuk diikuti. Bagaimana caranya? Belajarlah dari film ini!

9. Fireproof (2008)

Fireproof | Gadjian Aplikasi Payroll Software untuk Kelola Keuangan Perusahaan

Karyawan atau pimpinan juga punya kehidupan pribadi di luar kantor. Atau jika Anda membangun usaha bersama pasangan, Anda harus dapat menyeimbangkan antara pekerjaan dan hubungan. Jika ternyata terjadi ketidakseimbangan pada satu aspek, tentu aspek yang lain akan terpengaruh – seberapapun sulitnya Anda berusaha. Film satu ini baik Anda tonton, tidak hanya bersama tim kerja, tapi juga dengan keluarga Anda. Anda juga bisa merekomendasikan tim kerja menontonnya dengan keluarga mereka. Lalu coba tanyakan kepada mereka, inspirasi apa yang bisa diterapkan pada pekerjaan?

10. 5 cm (2012)

5 cm| Gadjian Aplikasi Payroll Software untuk Kelola Keuangan Perusahaan

Akhirnya ada juga film Indonesia! Dalam situasi normal, memotivasi karyawan bukanlah suatu hal yang sulit. Namun, saat situasi memanas dan menantang, tim Anda membutuhkan dorongan lebih untuk keluar dari zona nyaman dan mengambil tindakan. Disinilah pentingnya menanamkan visi perusahaan kepada karyawan, agar mereka tahu mengapa harus melakukan pekerjaan mereka. Selain itu, film ini bisa jadi menginspirasi Anda untuk merencanakan outing kantor berikutnya, demi menciptakan keakraban dalam tim.

Kepemimpinan dan teamwork merupakan tema yang sangat menarik untuk didalami, terutama jika Anda berkeinginan membangun sebuah perusahaan yang solid dan long-lasting. Belajar tentang manajemen sumber daya manusia memang bisa dari mana saja; tapi kalau payroll software Indonesia untuk mengelola keuangan dan karyawan perusahaan, ya Gadjian jawabannya. Ingin tahu lebih banyak tentang fitur Gadjian?

Coba Gadjian Sekarang

Bagikan artikel ini:

Share