4 Situs Kerja Paling Populer di Kalangan Millennial

4 Situs Kerja Paling Populer di Kalangan Millenials | Gadjian

Sebagai HR, terkadang Anda merasa bingung harus mem-posting posisi kosong perusahaan pada channel rekrutmen mana saja supaya Anda dapat menemukan talent terbaik yang sesuai kebutuhan perusahan dalam waktu yang relatif cepat. Channel rekrutmen seperti campus hiring dan job fair merupakan channel terfavorit perusahaan, dilihat dari meningkatnya acara job fair setiap bulannya dengan jumlah peserta yang bisa mencapai ratusan perusahaan dalam satu acara job fair. Namun seiring perkembangan teknologi, HR, manajer, maupun founder perusahaan sering melakukan rekrutmen melalui situs jejaring profesional seperti LinkedIn dan situs kerja atau job site khusus yang banyak ditawarkan di dunia maya.

Situs kerja dapat menjadi alternatif Anda dalam melakukan rekrutmen. Terlebih jika Anda mengincar calon talent dari generasi Millennial. Karena untuk generasi ini, mereka cenderung menyukai hal-hal yang memudahkan hidupnya dan dapat dijangkau dengan gadget atau alat teknologi yang mereka miliki, seperti mencari kerja tanpa harus mengantri panjang dan simpel dapat dilakukan dimana saja mereka berada. Itulah sebabnya generasi Millennial lebih banyak mengakses situs kerja dalam mencari pekerjaan.

Jika Anda memiliki lowongan pekerjaan dan menargetkan Millennial sebagai kandidat pelamar, Anda dapat mencoba 4 situs kerja ini untuk melakukan rekrutmen:

1. JobStreet
Anda mungkin telah familiar dengan situs kerja yang satu ini. Situs kerja asal Malaysia ini menjadi salah satu situs rekrutmen ipaling terkemuka di tingkat Asia Pasifik dan tentunya di Indonesia. Mungkin sudah puluhan ribu lowongan pekerjaan yang di posting dari ribuan HR, manajer, ataupun founder perusahaan. Dari mulai perusahaan FMCG, tambang, manufaktur, hingga startup dan perusahaan kecil yang baru memiliki karyawan dibawah 20 orang. Banyaknya lowongan yang di posting setiap harinya menjadi daya tarik kaum Millennial melamar melalui JobStreet. Mereka dapat mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan mereka dengan menyaring kriteria-kriteria pekerjaan seperti lokasi kerja dan kisaran salary yang ditawarkan.

2. JobsDB
JobsDB pernah menjadi situs pencarian kerja terfavorit di Asia. Karena berdiri sudah lumayan lama dan seperti JobStreet, sudah well-known di kalangan pembuat lowongan kerja, situs kerja JobsDB menjadi pilihan bagi banyak pencari kerja. Tidak terkecuali generasi Millennial yang sedang mencari pekerjaan. Situsnya yang user friendly dan mampu menyortir lowongan pekerjaan yang ada sesuai dengan karakteristik yang diinginkan oleh pelamar menjadi kekuatan situs kerja ini.

Baca Juga: Belajar dari Facebook: 5 Tips Memikat Karyawan Millennials untuk Startup dan UMKM

3. Qerja
Qerja sebenarnya adalah website untuk melihat besaran gaji di sebuah perusahaan. Website ini mirip seperti Glassdoor, situs company and salary review di Amerika. Inilah uniknya Qerja dibandingkan situs kerja lainnya. Qerja menyediakan company review dan juga lowongan kerja yang akan diarahkan ke sisterhood website Qerja yaitu Jobs.id. Daya tarik dengan menampilkan besaran gaji dan review dari karyawan yang bekerja pada perusahaan, kemudian menampilkan pula job opening perusahaan tersebut tentu akan sangat diminati oleh pencari pekerjaan. Generasi Millennial yang menyukai tantangan kemungkinan besar akan mempertimbangkan untuk melamar suatu posisi tertentu setelah melihat review yang langsung diberikan oleh karyawan perusahaan tersebut.

4. Urbanhire
Beda dengan dua situs kerja sebelumnya yaitu JobStreet dan JobsDB, Urbanhire adalah situs kerja buatan anak bangsa. Berdiri sejak awal 2016, Urbanhire menjadi salah satu situs kerja yang populer dan disukai oleh Millennial. Menariknya situs kerja ini bagi rekruter, mereka dapat mengundang manajer atau pihak yang terlibat dalam mencari karyawan baru untuk terlibat dalam mengevaluasi kandidat-kandidat yang melamar ke perusahaan. Tidak hanya itu, manajer yang telah diundang untuk mengevaluasi kandidat bisa juga memberikan catatan khusus atau mengetahui status perekrutan dan penawaran yang diberikan. Kelebihan lainnya, pelamar yang berasal dari JobStreet dan JobsDB dapat di filter langsung dari Urbanhire. Jadi situs kerja Urbanhire ini merupakan one stop place bagi HR dalam memilih kandidat dari berbagai situs kerja yang ada.

Integrasi Situs Kerja Urbanhire dengan Software Aplikasi HR Gadjian

Urbanhire kini telah terintegrasi dengan Gadjian. Sehingga jika Anda menggunakan Urbanhire dan Gadjian, Anda tidak perlu lagi repot-repot memigrasikan data pribadi karyawan baru yang diterima perusahaan melalui Urbanhire. Hanya dengan menekan satu tombol “integrasi”, data pribadi karyawan baru tersebut akan langsung ter-update di akun Gadjian. Dengan demikian, pekerjaan administrasi HR perusahaan akan semakin mudah terbantu.

Baca Juga: Tantangan HR di Indonesia

Anda dapat menggunakan empat situs kerja ini dalam mencari kandidat karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tidak ada salahnya jika Anda hanya mem-posting lowongan pekerjaan pada salah satu diantara situs kerja diatas melihat dari banyaknya jumlah pelamar yang mengirimkan CV setiap hari ke berbagai perusahaan.

Coba Gadjian Sekarang

Bagikan artikel ini:

Share