3 Faktor Penentu Gaji yang Adil untuk Karyawan

Payroll Sofware Indonesia untuk Mengeloala Keuangan dan Karyawan Perusahaan | Gadjian

Uang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang.

Pernah dengar pepatah tersebut? Hampir sama dengan hal ini, gaji mungkin bukan segalanya bagi karyawan. Akan tetapi, gaji merupakan cara paling mudah dan utama untuk mengukur apresiasi perusahaan terhadap waktu dan tenaga yang telah didedikasikan oleh karyawan. Bayangkan jika kamu berada di posisi seorang pekerja, tentu mengharapkan kompensasi yang sebanding dengan daya dan upaya yang kamu berikan. Untuk itu, kamu harus mampu mengatur struktur gaji yang adil. Sebelum masuk ke cara penghitungan gaji, ada beberapa faktor yang harus kamu pertimbangkan.

Tanggung Jawab dan Pekerjaan

Tanggung Jawab Kerja | Gadjian
Pada dasarnya, gaji yang diterima oleh karyawan harus sesuai dengan tingkat keahlian yang dibutuhkan. Semakin menantang atau rumit pekerjaan tersebut, maka dibutuhkan seorang karyawan yang memiliki latar belakang pendidikan atau pengalaman yang sesuai. Maka dari itu, sudah sepatutnya karyawan mendapatkan imbalan yang selaras dengan wawasan yang dia berikan untuk perusahaan. Toh, kamu akan mendapatkan masukan yang berguna bagi perkembangan perusahaan.

Selain itu, gaji juga harus diseimbangkan dengan kinerja atau tuntutan pekerjaan. Jika kamu mengharapkan karyawan bekerja dalam jam kerja yang panjang, atau pekerjaan tersebut memiliki resiko tinggi, maka penghargaan yang kamu sediakan harus semakin banyak juga.

Pengaruh Hasil Pekerjaan terhadap Perusahaan

Pengaruh Hasil Pekerjaan terhadap Perusahaan | Gadjian
Coba Hitung Komisi Karyawan Otomatis

Semua posisi atau pekerjaan sama pentingnya dalam sebuah perusahaan. Namun begitu, ada beberapa posisi khusus yang menjadi tonggak keberhasilan perusahaan, terutama dalam menciptakan cashflow. Sebagai contoh, tenaga pemasaran mungkin berhak mendapat komisi penjualan. Pemberian bonus disamping gaji pokok terbukti meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan di berbagai perusahaan. Hal ini disebabkan oleh, karyawan merasa mendapat apresiasi lebih saat memberikan effort yang lebih juga.

Jumlah Kompensasi yang Diterima

Jumlah Kompensasi Karyawan | Gadjian
Saat ini, semakin banyak karyawan yang memahami tentang take-home pay, yang artinya mereka akan menilai penghargaan dari perusahaan berdasarkan jumlah gaji dan tunjangan lain-lain. Hal ini akan menjadi alasan untuk mempertahankan pekerjaan mereka. Beberapa tunjangan yang disediakan umumnya, tunjangan tetap; tunjangan khusus seperti tunjangan operasional atau tunjangan jabatan; dan tunjangan tidak tetap seperti uang makan atau tunjangan transportasi. Ada juga tunjangan perjalanan bisnis yang menciptakan perasaan tenang bagi karyawan. Dengan demikian, semua pengeluaran yang ditujukan untuk operasional perusahaan akan menjadi tanggungan perusahaan, bukan dirinya.

Setelah mempertimbangkan tiga faktor diatas, barulah kamu bisa merencanakan pembuatan struktur gaji untuk karyawanmu. Masih kesulitan dalam menghitung gaji karyawan? Gadjian menyediakan fitur Penggajian yang akan memudahkanmu dalam mengatur perhitungan gaji karyawan, termasuk mengkalkulasi PPh 21, tunjangan, komisi, dan bonus.

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Bagikan artikel ini:

Share