6 Aplikasi yang Wajib Dimiliki oleh Seorang Mobile Worker

6 aplikasi yang wajib dimiliki oleh seorang mobile worker | Gadjian

Menjadi seorang mobile worker dengan segudang aktivitas tentu sangat sulit. Bagaimana tidak? Kamu harus berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya dalam waktu singkat.

Belum lagi kendala harus kamu hadapi untuk mencapai tempat tujuan seperti kemacetan ataupun hujan. Bukan hal baru lagi kalau kamu telat datang hanya karena macet, sehingga kamu harus membuat jadwal baru di kemudian hari.

Baca Juga: Aplikasi GadjianKu, Mobile App dari Gadjian untuk Membantu Perusahaan Mempertahankan Karyawan Millenials

Kendala-kendala seperti itulah yang dapat mengurangi produktivitas kamu bekerja sebagai mobile worker. Kamu harus memiliki stamina yang kuat dan daya ingat yang tinggi. Sebab, saat kamu kelelahan dan menghabiskan banyak waktu di perjalanan, kamu tetap harus fokus akan tujuan kamu.

Aplikasi yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Mobile Worker

Padatnya jadwal kegiatan kamu dalam sehari tidak jarang membuat kamu lupa atau melewati kegiatan lainnya. Sebenarnya, ada banyak aplikasi yang dapat membantu kamu mengatur pekerjaan dan aktivitas kamu sehari-hari. Inilah 6 aplikasi yang wajib dimiliki oleh kamu sebagai mobile worker:

1. Google Calendar

Aplikasi ini sangat dibutuhkan untuk kamu. Bukan hanya sekedar mencatat jadwal kegiatan kamu, tapi Google Calendar juga memungkinkan kamu untuk membagikan jadwal kamu kepada rekan kerja satu tim. Kamu juga dapat membagikan undangan acara dengan klien-klien kamu melalui Google Calendar.

Tidak hanya mencatat waktu, aplikasi ini menyediakan detil lokasi dan deskripsi singkat. Pada bagian deskripsi singkat, kamu bisa menambahkan catatan penting acara maupun catatan untuk rekan kerja. Aplikasi Google Calendar memiliki fitur ‘repeat’ yang dapat digunakan sebagai pengingat acara secara berkala, seperti rapat mingguan atau acara tahunan.

2. Transportasi Online

Rasanya aplikasi transportasi online sudah menjadi aplikasi wajib yang perlu diinstal bagi semua orang. Terlebih untuk kamu seorang mobile worker. Aplikasi transportasi online seperti Gojek, Grab, dan Uber sangat perlu diinstal pada smartphone kamu.

Tentunya kamu tidak ingin datang terlambat akibat terjebak macet Jakarta yang seharusnya 15 menit kamu tiba, namun harus ditempuh selama 1 jam ke tempat tersebut. Aplikasi ini membantu kamu mencapai tujuan kamu dengan lebih cepat, tanpa harus ‘mengetem’ lama dengan biaya yang cukup terjangkau dan keamanan yang cukup baik.

Selain itu, kamu juga dapat mengirimkan paket seperti dokumen menggunakan Go-Send maupun Grab Express tanpa perlu kamu sendiri yang mengantarkannya. Pastinya akan sangat membantu kamu menghemat pekerjaan kamu bukan?

3. Hadirr Mobile App

Aplikasi Absensi, Timesheet, dan Reimbursement | Hadirr


Hadirr adalah sebuah aplikasi absensi karyawan. Uniknya, karyawan hanya perlu melakukan ‘selfie’ untuk absensi. Tidak hanya fitur absensi dengan ‘selfie’, Hadirr juga menyediakan fitur timesheet dan reimbursement. Fitur timesheet sendiri memang khusus disediakan untuk mobile worker.

Jadwal kegiatan kamu, mulai dari kantor sampai ke semua tempat klienmu dalam satu hari dapat langsung tersimpan real-time langsung dari perangkat kamu. Fitur ini memudahkan HR perusahaan memantau aktivitas kamu sehari-hari sebagai bagian dari evaluasi kinerja karyawan.

Baca Juga: 5 Keuntungan Aplikasi Sales Mobile bagi Perusahaan

Kamu tentu juga sering mengeluarkan biaya-biaya tak terduga seperti meeting dengan klien di restoran tertentu secara mendadak, dan kamu harus menggunakan uang kamu terlebih dahulu untuk membayarnya. Hadirr memiliki fitur reimbursement sebagai fitur pelengkap untuk kamu.

Cukup dengan memfoto bukti pembayaran atau struk transaksi, kamu akan langsung mengetahui status reimbursement kamu, apakah telah disetujui oleh HR, finance, dan atasan kamu.

Wah, enak ya absensi tinggal selfie, jadwal aktivitas seharian bisa di update secara real-time, dan reimbursement hanya perlu upload bukti bisa tahu status pengajuannya.

4. LinkedIn

Kalau aplikasi LinkedIn mungkin sudah familiar untuk kamu. Setelah kamu seharian bertemu banyak klien, kamu tentunya harus menjalin koneksi dengan mereka. LinkedIn adalah media yang tepat untuk memperbanyak relasi profesional dan membangun bisnis.

LinkedIn juga membantu mendapatkan informasi sesuai profesi yang kamu miliki. Kamu juga dapat membuat pertanyaan terbuka ataupun menjawab pertanyaan terbuka sesuai dengan keahlian kamu.

Dengan begitu, kamu dapat mengandalkan LinkedIn sebagai tempat kamu membuat personal branding untuk karir dimasa mendatang. Jangan lupa perbaiki profil LinkedIn kamu sekarang ya!

5. Gmail

Mungkin tahun 2000-an Yahoo Mail menjadi penguasa surat elektronik di dunia. Semua orang menggunakan Yahoo sebagai alamat email. Namun, pada akhirnya Yahoo mengalami kebangkrutan dan Gmail besutan dari Google mengambil alih pasar Yahoo.

Bahkan, hingga saat ini perusahaan memanfaatkan Gmail for Business sebagai alat komunikasi elektronik antar karyawan. Jika kamu salah satu pengguna Gmail, kamu wajib menginstal aplikasi Gmail di smartphone yang kamu miliki.

Dengan menginstalnya akan memudahkan kamu mengetahui update terbaru dari kerjaan kamu. Kamu juga dapat langsung membalas email penting dari klien tanpa harus membuka laptop.

6. G-Drive

Aplikasi ini adalah aplikasi pelengkap dari Google bagi pengguna Gmail. Dengan G-Drive, kamu dapat membuat data ataupun report seperti Ms. Word, Ms. Power Point, atau Ms. Excel yang akan terintegrasi dengan Gmail.

Enaknya menggunakan G-Drive yaitu kamu tidak perlu membawa flashdisk atau hard disk saat berpergian. Ketika kamu membuat sebuah file di G-Drive, kamu dapat mengaksesnya kapan saja dan dimana saja hanya dengan login akun Gmail kamu.

Kamu juga bisa membagikan file yang kamu miliki dengan rekan kerja. Kamu hanya perlu menambahkan email yang dimilikinya. Itulah mengapa G-Drive sangat perlu untuk kamu instal.

Baca Juga: 5 Fitur Unik Mobile App GadjianKu

Demikian 6 aplikasi yang wajib mobile worker seperti kamu miliki. Sebagai tambahan, jangan lupa kamu instal juga aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Path supaya dapat menyegarkan pikiran kamu disaat-saat jenuh bekerja dan teman diperjalanan.

Kamu juga dapat mengetahui informasi terkini dari sosial media dan menjadikannya bahan pembicaraan ringan untuk ice breaker time dengan klien. Dengan begitu, pekerjaan kamu akan menjadi lebih mudah dan kamu akan menjadi lebih produktif dalam bekerja. Selamat mencoba!

Coba Hadirr Software Aplikasi Absensi Karyawan Online (E-Absen) Terbaik Indonesia
Coba Gadjian Sekarang

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *