4 Alasan Kenapa Perusahaan Anda Membutuhkan HRIS

Empat Alasan Kenapa Perusahaan Anda Membutuhkan HRIS | GadjianAset perusahaan bukan hanya tanah dan bangunan di atasnya, tapi juga karyawan. Karyawan yang kompeten dan loyal dapat meningkatkan performa perusahaan. Karenanya, penanganan karyawan perlu dilakukan dengan serius melalui human resource management (HRM).

Manfaat HRM antara lain adalah menurunkan tingkat turnover karyawan, meningkatkan kepuasan karyawan, dan menarik tenaga kerja yang kompeten untuk bekerja di perusahaan Anda kelak.

Namun, sebagai pemilik bisnis, Anda tentunya paham bahwa fungsi-fungsi human resource seperti merekap absensi, menghitung penggajian, dan memproses cuti atau perizinan – meskipun terdengar mudah – dapat menyita waktu yang cukup besar dan rawan kesalahan. Apalagi, jika Anda memiliki karyawan yang cukup banyak.

Untuk itu, strategi HRM yang perlu Anda lakukan adalah penerapan HRIS (Human Resource Information System) di perusahaan Anda. Meskipun kedengaran kompleks, HRIS sebenarnya sangat mudah diterapkan. HRIS kini tersedia dalam bentuk HR software atau aplikasi HRD dengan user interface yang sederhana dan berbagai fitur yang berguna. Berikut ini adalah bagaimana HRIS dapat membuat perusahaan Anda menjadi lebih baik

1.     Payroll System yang Lebih Akurat

Kompensasi adalah hal serius, yang dapat merefleksikan komitmen perusahaan bagi kesejahteraan karyawan. Perusahaan harus berhati-hati dalam menghitung kompensasi karyawan, termasuk pemberian upah lembur, bonus, hingga THR agar sesuai dengan kontribusi karyawan. Penghitungan kompensasi secara manual memakan waktu yang lama dengan akurasi yang rendah. Namun, Payroll System dari HRIS dapat menghitung berapa kompensasi yang harus Anda bayarkan kepada setiap karyawan sesuai dengan kontribusi mereka dengan akurat. 

2.     Kehadiran Karyawan yang Terkontrol

Salah satu kontribusi yang terpenting dari karyawan bagi perusahaan adalah waktu yang mereka berikan untuk bekerja. Bisnis dapat terkendala jika karyawan mangkir dari hari kerjanya. HRIS, dengan fitur absensi karyawan secara online, menutup kemungkinan karyawan untuk berbuat curang dalam hal absensi, misalnya dengan “titip absen”. Absensi karyawan bahkan dapat terhubung ke Payroll System, sehingga kompensasi yang karyawan terima akan disesuaikan dengan jumlah kehadirannya.

Baca Juga: Serunya Absensi Pakai Selfie

3.     Efisiensi Waktu dan Kemudahan Akses via Portal Karyawan

Karyawan Anda tidak hanya memerlukan kompensasi yang akurat, tapi juga kemudahan untuk mengakses kebutuhan lain seputar kompensasi itu. Portal karyawan pada HR software memungkinkan karyawan untuk mengakses slip gaji hingga mengajukan cuti atau izin, semuanya secara online. Karyawan tak perlu lagi sibuk mengetik surat permohonan cuti dan menyiapkan lampiran (bukannya bekerja!) dan menyerahkannya ke bagian HR, lalu menunggu persetujuan lama-lama. Bukan hanya HR yang akan merasa senang; tapi juga karyawan.

4.     Penyimpanan Data Personalia yang Aman

HRIS memungkinkan Anda untuk menyimpan data karyawan berbasis online, mulai dari data pribadi, data karir, jatah cuti, hingga data penggajian di satu tempat secara digital. Anda perlu menghitung tunjangan karyawan dan perlu tahu berapa anggota keluarganya? Cukup akses data yang tersimpan secara online dengan beberapa klik. Anda tidak perlu mengobrak-abrik lemari arsip untuk mencari selembar kertas yang Anda perlukan – yang seringkali terselip atau malah hilang.

Baca Juga: Kini Saatnya HR Beralih dari Excel ke HRIS Berbasis Cloud

HRIS memudahkan Anda mengelola karyawan dengan lebih efisien; sehingga salah satu tujuan HRM; yaitu menjalin hubungan yang baik dan saling menguntungkan antara karyawan dan perusahaan dapat tercapai. Pilihlah HR software atau aplikasi HRIS yang memiliki fitur lengkap dan reputasi yang terpercaya. Gadjian memiliki sederetan fitur yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan perusahaan, mulai dari catatan absensi hingga pengelolaan pinjaman dari karyawan.

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Share