HR Event: Training Strategi HR untuk Startup Indonesia

Kebingungan dalam mengelola sumber daya manusia atau Human Resources (HR) menjadi isu bagi banyak perusahan rintisan atau Startup. Oleh sebab itu, Gadjian Academy bekerjasama dengan Block71 mengadakan Diskusi Panel dan Workshop dengan topik “HR Strategy for Startups”. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 10 Agustus 2017 di Block71, sebuah inkubasi startup yang baru saja diresmikan oleh Menteri Perdagangan Indonesia Enggartiasto Lukita dan Menteri Perdagangan Singapura Lim Hng Kiang.

Event yang diselenggarakan oleh Gadjian Academy bertujuan untuk mengedukasi para startup founder, praktisi HR dan pelaku bisnis dengan topik-topik terkait pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia. Event-event semacam ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk peserta melakukan networking dan berbagi pengalaman.

HR Event: Training Strategi HR untuk Startup Indonesia | Gadjian | 1
Kiri-Kanan : Kenny Ivanzaky (YCI), Teguh Ariowibowo (Pinjam.id) dan Afia Fitriati, CHRP (Gadjian.com)

Event ini dibagi menjadi dua sesi: sesi pertama diisi dengan Panel Discussion dan sesi kedua adalah HR Workshop. Diskusi panel dimoderatori oleh Kenny Ivanzaky, founder Youth Connect for Indonesia (YCI), dengan pembicara Afia Fitriati, CHRP (Certified Human Resources Professional) yang merupakan CEO dari Gadjian.com dan Teguh B. Ariwibowo, Co-Founder Pinjam.id. Pada sesi pertama, peserta sangat antusias bertanya kepada kedua pembicara untuk menggali penggalaman mereka. Selain menyandang gelar MBA dari Nanyang Technology University, Singapore, Afia juga memegang sertifikasi CHRP dari Universitas Atmajaya, sedangkan Teguh merupakan salah satu “30 Under 30 Asia 2017” versi majalah Forbes Asia.

Mayoritas peserta bertanya tentang strategi merekrut karyawan yang tepat dan strategi untuk retensi karyawan. Terkait pertanyaan ini, Afia menjelaskan, Pertama yang harus dilakukan, perusahaan harus memiliki visi, misi, dan values. Hal tersebut akan mempermudah perusahaan untuk memilih calon karyawan yang sesuai. Kedua, setelah karyawan diterima, perusahaan harus memberikan pembelajaran, pengalaman, dan kesempatan untuk mereka sehingga mereka mendapatkan nilai dari bekerja di perusahaan tersebut.”

Teguh juga sepakat dengan penjelasan tersebut, ia menjelaskan bahwa untuk memiliki karyawan yang tepat, kita juga harus memiliki strategi untuk mendapatkan karyawan. Teguh juga menambahkan, “Divisi pertama yang saya buat saat memulai perusahaan baru adalah divisi HR.”

HR Event: Training Strategi HR untuk Startup Indonesia | Gadjian | 2
Peserta workshop serius menyimak penjelasan dari Afia Fitriati

Pada sesi kedua, peserta lebih antusias lagi karena pada sesi ini mereka mendapatkan ilmu tentang HR Strategy dan membuat HR Strategy Canvas dari Afia Fitriati. Sesi ini menarik karena peserta yang mayoritas adalah startup founder di perusahaan rintisan baru menyadari bahwa HR memiliki peran yang penting. Workshop ini juga memberi ilmu mengenai pentingnya HR System, Recruitment, People Development, dan lain-lain. Pertanyaan-pertanyaan terkait rekrutmen, retensi, kultur perusahaan dikupas lebih dalam dengan menggunakan HR Strategy Canvas. HR Strategy Canvas membantu peserta untuk memahami bagaimana proses untuk membuat strategi HR, dimulai dari visi, misi, dan values yang diturunkan menjadi: organization development, bagaimana menarik calon karyawan, bagaimana membangun dan mengembangkan karyawan, bagaimana memotivasi mereka, dan bagaimana cara perusahaan meretensi karyawan.  Peserta workshop semakin menyadari bahwa pekerjaan HR yang bersifat administratif sesungguhnya menghabiskan waktu startup founder maupun praktisi HR sehingga mereka harus memanfaatkan teknologi misalnya dengan cara menggunakan HRIS dan aplikasi -aplikasi lain untuk efisiensi waktu.

Untuk mendapatkan materi presentasi dari workshop ini, kalian dapat melihatnya di slideshare HR event Gadjian. Setiap bulannya, Gadjian menyelenggarakan berbagai HR event seperti training HR, webinar, serta event-event terkait HR dan startup.  Untuk mendapatkan informasi terkini mengenai HR event lainnya, kalian dapat mengikuti media sosial Gadjian di Instagram, Facebook, Linkedin dan Meetup.

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *