Studi Kasus: Perhitungan PPH 21 Mix di Gadjian

Hitung THR Karyawan dan PPh 21 atas THR Secara Otomatis | Gadjian

Setiap perusahaan menggunakan metode perhitungan PPh 21 yang berbeda-beda. Ada perusahaan yang menerapkan metode perhitungan gross, gross up atau gross nett. Gadjian, sebagai penyedia jasa software HRIS di Indonesia, menyediakan fitur perhitungan PPh 21 bagi para penggunanya. Namun, ada satu pertanyaan yang sering sekali muncul saat melakukan setting fitur PPh 21 di Gadjian.

Pertanyaan:

Apakah di Gadjian sudah tersedia metode perhitungan PPh 21 untuk perhitungan mix?

Contoh Kasus: Perusahaan Bapak Benny memilki 100 karyawan yang berprofesi sebagai salesman. Jika setiap bulannya salesman tersebut menerima:

  1. Gaji pokok dengan PPh 21 ditanggung perusahaan
  2. Komisi dengan PPh komisi ditanggung oleh salesman tersebut

Jawaban:

Gadjian mempunyai fitur PPh 21 yang dapat membantu penggunanya dalam menghitung potongan PPh 21 secara otomatis dengan 3 metode perhitungan yang dapat di sesuaikan dengan perusahaan masing-masing, yaitu:

  1. Metode Gross (karyawan menanggung beban PPh 21-nya sendiri)
  2. Metode Gross Up (ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan, dengan memberikan tunjangan PPh 21)
  3. Metode Nett (ditanggung/dibayarkan oleh perusahaan).

Sehingga untuk contoh kasus salesman jika diterapkan di Gadjian akan seperti berikut:

Salesman mempunyai 2 slip terpisah yaitu:

  1. Slip Gaji Bulanan (terdapat gaji pokok didalamnya)
  2. Slip Komisi.

Untuk perhitungan PPh 21 posisi salesman tersebut dapat menggunakan metode nett,  sehingga Slip Gaji Bulanan salesman akan ditanggung perusahaan.

Di Gadjian dapat setting untuk setiap komponen pendapatan apakah akan dimasukkan ke dalam objek pemotongan PPh 21 atau tidak, sehingga komisi dapat di setting tidak termasuk objek pemotongan PPh 21. Slip Komisi yang didapatkan oleh salesman nanti tidak akan otomatis terpotong PPh 21.

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Share