Manfaat Aplikasi HRD untuk Perusahaan (Infografis)

Tahukah Anda tugas-tugas apa yang paling menghabiskan waktu dalam pengelolaan bagian HR atau sumber daya manusia (SDM)?

Di banyak perusahaan berkembang, bagian HRD -yang seringkali dipegang oleh entrepreneur atau business owner itu sendiri atau seorang admin multifungsi- melakukan banyak tugas mulai dari merekap absensi karyawan, melakukan perhitungan lembur karyawan, melakukan perhitungan pph 21rekrutmen, menghitung gaji, menghitung cuti, melakukan perhitungan THR karyawan, melakukan perhitungan pph 21, dan melakukan perhitungan BPJS karyawan

Hitung PPh 21 Karyawan Tanpa Repot | Gadjian

Selain itu, seorang admin HRD biasanya juga direpotkan oleh aneka pertanyaan dan permintaan karyawan. Bisa dikatakan, bagian HRD di suatu perusahaan adalah ibarat “ibu” bagi para personalia atau karyawan di perusahaan tersebut.

Gusto, sebuah aplikasi HRD di Amerika Serikat, melakukan survei terhadap aktivitas HRD dalam satu hari yang bisa diilustrasikan dalam infografis di bawah ini: 

Waktu HR Terbuang dalam Satu Hari / Menjadi Seorang HR Profesioanal dalam Satu Hari
Berdasarkan infografis di atas, dapat dilihat bahwa HR hanya menggunakan 2%-4% waktunya dalam satu hari untuk mengerjakan tugas yang urgensi dan tingkat kepentingannya paling tinggi seperti mengurus penggajian, mengurus team-building, mewawancarai kandidat karyawan, dan orientasi karyawan. Lalu, tugas apa yang paling menyita waktu HR?

HR menghabiskan 21% waktunya untuk mengurus tumpukan dokumen administrasi karyawan.

Secara logika, sebenarnya tugas administrasi termasuk pekerjaan clerical yang tidak sulit untuk dilakukan. Tapi faktanya pekerjaan tersebut justru menyita paling banyak waktu HR. Jika dalam satu hari HR bekerja selama 8 jam, maka HR membutuhkan waktu hampir 2 jam untuk melakukan tugas administrasi karyawan dan hanya butuh 20 menit untuk melakukan tugas utamanya!

Padahal dengan kemajuan teknologi saat ini, seorang HR tidak perlu lagi menghabiskan waktunya mengurus tugas administrasi karyawan. Solusi aplikasi penggajian karyawan sekaligus HR system berbasis cloud seperti Gadjian bisa sangat meringankan pekerjaan business owner atau admin HRD untuk menghitung gaji karyawan, lembur, THR, BPJS dan PPH 21.

Jika Anda seorang HR professional atau business owner yang punya ambisi untuk mengembangkan usaha tanpa direpotkan urusan administrasi HR, maka Anda perlu memanfaatkan jasa aplikasi HRD agar Anda dan tim Anda dapat berfokus pada hal-hal yang lebih bersifat pengembangan usaha, dan bagian HRD dapat berfokus pada upaya-upaya people development atau pengembangan karyawan yang potensial dalam perusahaan.

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Share