Peran HRD Indonesia dalam Menerapkan Corporate Culture

Ir. Palgunadi T Setyawan - Bagaimana Meneraokan Corporate Culture di Perusahaan
Ir. Palgunadi T Setyawan, Dipl. Ing, Commissioner PT Adaro Enery, Tbk & Ex-SVP for PT Astra International, Tbk sekaligus seorang Business Mentor

Anda mungkin sudah tidak asing dengan Ir. Palgunadi T Setyawan, Dipl. Ing. Seorang Komisaris PT Adaro Enery, Tbk & ex-SVP  PT Astra International, Tbk sekaligus business mentor yang telah memiliki banyak pengalaman di perusahaan. Gadjian mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan Ir. Palgunadi. Dalam kesempatan tersebut, Ir. Palgunadi menjelaskan bagaimana menerapkan “Corporate Culture” di perusahaan.

Apa itu “Corporate Culture”?

Corporate culture adalah amalan dari nilai yang diyakini oleh perusahaan dalam perilaku keseharian orang-orang di dalam perusahaan tersebut.

Corporate culture seperti apa yang paling baik diterapkan untuk mengembangkan perusahaan?

Sebenarnya bukan nilai yang terpenting, tetapi keteguhan meyakini dan bertanggung jawab menjaga nilai tersebut secara konsisten untuk menjadikan pedoman perilaku dari setiap orang di dalam perusahaan. Satunya kata dengan perbuatan adalah inti dari nilai yang diyakini.

Baca Juga: Humans are not Resources menurut Ir. Palgunadi Setyawan

Korporasi atau corporate itu bukanlah sekumpulan “human resources” karena sumber daya jika dipakai akan habis. Sedangkan manusia semakin dipakai semakin terlatih dan terdidik. Oleh karena itu, corporate adalah kumpulan manusia yang terdiri dari individu merdeka yang punya pikiran, hati dan kemampuan, kemudian sepakat meyakini nilai-nilai bersama, sehingga terjadi kerjasama yang luar biasa. Seperti negeri kita yang mempunyai nilai Pancasila, 5 sila itu adalah kesepakatan bersama untuk hidup di negeri Republik Indonesia maka corporate culture Indonesia adalah bagaimana nilai Pancasila itu diamalkan dalam keseharian dari seluruh warganya.

Sama halnya dengan 4 nilai PT. Astra International yang telah di sepakati bersama yaitu:

  1. Nilai sebagai aset bangsa
  2. Nilai mengharagi pelanggan
  3. Nilai menghormati individu atau membentuk kerjasama tim (teamwork)
  4. Nilai untuk selalu berusaha mencapai yang terbaik

Jadi, setiap insan yang bekerja di PT Astra International harus meyakini 4 nilai tersebut dan mengamalkan dalam kesehariannya. Dengan demikian, ada kesepahaman dalam rangka melakukan kerjasama satu sama lain yang saling mengisi, memperkuat dan memberi semangat. Sehingga, akan terjadi sinergi dari setiap orang dalam perusahaan dan menghasilkan hal yang luar biasa dari kerjasama tersebut.

“Peran HRD untuk membangun nilai-nilai tersebut dan bagaimana nilai-nilai itu dipahami dan diamalkan, itu tugas yang mulia yang menjadikan sukses dari setiap corporate.”

Corporate itu ada banyak bagian atau pabrik, pabrik yang paling penting adalah pabrik manusia (HRD); merekrut, melatih, menyiapkan pekerjaan, memberikan jalur karir, dan memberikan kompensasi. HRD adalah bagian yang mengurus manusia dari mulai masuk, hidup dan membangun dirinya menjadi profesional yang handal di perusahaan. Orang profesional mengatakan, “saya berkomitmen memberikan yang terbaik dari kerja saya dan menjadi kemulian Anda membayar saya sepantasnya saya terima”. Orang tersebut yang membaktikan dirinya, terutama kepada dirinya sendiri kemudian memberikan hasil sisa kepada perusahaanya, itulah yang membesarkan perusahaan. Pabrik yang terbesar di segala corporate adalah pabrik manusia (HRD).

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *