Humans are not Resources menurut Ir. Palgunadi Setyawan

humans are not resources menurut palgunadi Setyawan dalam portal HR gadjian academy.
sesi sharing Pak Palgunadi Setyawan di workshop Gadjian

Humans are not resources menurut Ir. Palgunadi T Setyawan pada tanggal 14 Januari lalu, saat Gadjian mengadakan workshop pengelolaan SDM yang perdana untuk umum di tahun 2017. Ada banyak kejutan menyenangkan di workshop kali ini: pertama, peminatnya ramai melebihi workshop yang pertama, sehingga ruang acara di Coworkinc dibuka seluas-luasnya untuk mengakomodir peserta. Kedua, ada kiriman konsumsi pisang bolen gratis dari salah satu peserta (thank you, Bu Nancy!). Yang ketiga dan paling mengesankan: workshop kami kedatangan pembicara tamu senior: Pak Palgunadi Setyawan (Pak Pal), mantan Komisaris Astra International yang kini adalah Komisaris Independen di Adaro Energy.

Kepada peserta workshop, Pak Pal berbagi tentang filosofi dan pengalaman pengelolaan SDM selama menjadi eksekutif di berbagai perusahaan. Wah, beruntung sekali peserta workshop kali ini bisa menimba ilmu dari beliau. Berikut ini sekelumit intisari sharing beliau:

“Di Astra, kami tidak pernah menggunakan istilah Human Resources, melainkan People Development. Resources itu seperti beras: dikonsumsi, kemudian habis. Manusia itu aset: setiap sen yang dikeluarkan perusahaan untuk karyawan adalah investasi.

Baca Juga: Cara Menghitung Uang Pesangon Karyawan Saat PHK Sesuai Undang-Undang

Waktu krisis tahun 1998, dengan berat hati kami harus mem-PHK 35.000 karyawan. Kami pastikan semua mendapat pesangon yang mencukupi. Jajaran eksekutif lalu diberi tantangan: Kalian tidak akan digaji selama 2 tahun. Yang tidak bisa menerima tantangan tersebut dipersilakan mengundurkan diri.

Tidak ada satu pun jajaran direksi yang mengundurkan diri.

90,000 karyawan yang tersisa serta jajaran manajemen bekerja bahu membahu membangun Astra kembali. Di situlah muncul kekuatan tak terhingga di dalam diri manusia yang membuktikan: Humans are not resources. Dalam jangka waktu singkat, nilai saham Astra yang semula anjlok kembali meroket. Bahkan direksi yang awalnya sudah siap tidak digaji selama 2 tahun kembali menerima gaji setelah 5 bulan saja. Di kemudian hari, saya menyesal mem-PHK 35.000 karyawan, karena mencari gantinya itu… waduh, setengah mati!

Tantangan terbesar di perusahaan adalah membangkitkan energi di dalam manusia-manusia (people) mereka. To do that, you have to manage people with your heart.

Berikut ini beberapa kesan dari peserta setelah mengikuti workshop ini:

Nice banget! Sangat memberikan perspektif baru di dunia HR.”

So Helpful! Beberapa konten emang cukup sering dibahas sebagai tugas HR, tapi di-breakdown dengan komprehensif dan memberikan insight baru bagi peserta untuk menghadapinya.”

Ingin ikut workshop Gadjian berikutnya? Silakan Like/Follow Gadjian di Facebook, Instagram, dan Meetup ya!

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *